Optimalisasi Komite Sekolah dalam Pengembangan Koperasi Sekolah di Bandar Lampung

Erlina Rufaidah, Wan Abbas Zakaria, Yon Rizal

Abstract


The school committee as a partner organization of the school has a strategic role to develop the school component effectively. This study aimed to describe the role of the school committee in developing a school cooperative. In particular, this study aimed to describe the role of the school committee, the efforts of the committee in junior high school Bandar Lampung and to develop a schools cooperative partnership model and school committees. The focus of this research study was the role of the school committee to develop entrepreneurship through a cooperative effort of schools and school committees to establish a school cooperative. This study used qualitative research methods and used developmental research model. Data collection techniques used in this study were participant observation, documentation study, and development models. Techniques for the validity of the data were using triangulation data. The results from this study indicated that the school committee can play a role in the development of entrepreneurship in the school principals, educators, parents, and the community by involving principals, educators, parents, and communities to determine their potential.

Keywords: school committees, school cooperatives, entrepreneurship

Komite sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran strategis untuk mengembangkan komponen sekolah secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah dalam mengembangkan koperasi sekolah. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah, usaha-usaha komite sekolah di SMP di Kota Bandar Lampung serta mengembangkan model kemitraan koperasi sekolah dan komite sekolah. Fokus penelitian penelitian ini adalah peran komite sekolah dalam mengembangkan kewirausahaan melalui koperasi sekolah serta upaya komite sekolah dalam membangun koperasi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan rancangan riset pengembangan model. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, studi dokumentasi dan pengembangan model. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi data. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komite sekolah dapat berperan dalam pengembangan kewirausahaan pada kepala sekolah, tenaga pendidik, orang tua siswa, dan masyarakat dengan melibatkan kepala sekolah, tenaga pendidik, orang tua siswa, dan masyarakat agar mengetahui potensi mereka.

Kata kunci: komite sekolah, koperasi sekolah, kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Peneiitian. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Danim, Sudarwin. 2010. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: ALFABETA.

Depdiknas. 1998. Koperasi sekolah (Enterpreneurship) dalam Pendidikan: Materi Pelatihan Calon Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2001. Pedoman Pembinaan Pengembangan Koperasi sekolah Siswa SMK. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1995. Tentang Gerakan Nasional dan Membudayakan Koperasi Sekolah. Jakarta. http//Inpres_1995_004Kewirausa haan.go.id/pdf di akses 20 Agustus 2015

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 004/U/2002. Tentang Dewan Pendidikan Dan Komite Sekolah. Jakarta. http//kepmendiknas-004- tahun2002.go.id/pdf di akses 20 Agustus 2015

Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursidi, Ali. 2010. Pengelolaan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Tarbiyah IAIN.

Rohmah, Nailur. 2010. Peran Komite Sekolah dalam Memngkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Tarbiyah UTN.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Timprimapena.2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gita Media Press

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Cemerlang.

Zimmerer, Thomas W, Norman M.Scarborough, dkk. 2008. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Koperasi sekolah dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta. Salemba Empat.

Zunaidi, Arif. 2009. Peranan Komite Sekolah dalam Pembelajaran PAI di SMP Islam Ngebruk Sumber Pucung Malang pada Manajemen Berbasis Sekolah. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Tarbiyah UTN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.