Pengaruh Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Atletik Mahasiswa Olahraga

Tri Setyo Guntoro

Abstract


The aim of this research was to find out the influence of reinforcement to learning achievement of high jump of flop style on collage student. The type of this research was experiment with one-group pre-test-post-test design. The sample of this research was the collage student of the first semester in Department of Sport Science in FIK UNCEN. Data collection instrument was using test, which was the ability test to jump high of flop style. Data analysis technique to test the hypothesis was using t-test. The result of this research showed that there is an influence of reinforcement to
learning achievement of high jump of flop style on collage student.


Keywords: reinforcement, high jump, flop style

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reinforcement terhadap hasil belajar lompat tinggi gaya flop pada mahasiswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
rancangan the one-group pre-test-post-test design. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa semester I Prodi S1 Ikor FIK UNCEN. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, yaitu tes kemampuan melakukan lompat tinggi gaya flop. Teknik analisis untuk menguji hipotesis akan menggunakan uji beda mean sampel sejenis. Hasil penelitian menemukan bahwa ada pengaruh pemberian reinforcement terhadap hasil belajar lompat tinggi gaya flop pada mahasiswa Prodi S1 Ikor Semester I.


Kata kunci: reinforcement, lompat tinggi, gaya flop

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v7.i2.201716


Full Text:

PDF

References


Adisasmita, M.Y. 1992. Olahraga Pilihan Atletik. Jakarta: Ditjend Dikti Depdikbud.

Ardhana, I.W. 1982. Beberapa metode statistik: untuk penelitian pendidikan. Surabaya:Usaha Nasional.

Bahagia, Yoyo. 2005. Pembelajaran Atletik Implementasi Pembelajaran Nomor Lompat. Jakarta: Ditplb Depdiknas.

Buchari, Alma. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Carr, G.A. 1997. Atletik Untuk Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. 2012.How to design and evaluate research in education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Marno, dkk. 2008. Strategi dan Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Naufalin, L.R. 2014. Pengaruh pemberian penguatan dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar. (online), jp.feb.unsoed.ac.id>article.

Sugarman, K. 2001. Why Mental Training? (Online), (http://www. com/sports/index.html, diakses 24 Januari 2009).

. 2010. Lompat Tinggi (Online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Lompatti nggi, diakses 29 juni 2010.

Vandriyanti, H., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. 2013. Pengaruh pemberian penguatan oleh guru terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VIII SMP N 1 Jati Agung. Tersedia di http://www.jurnal.fkip.unila.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.