Penerapan Metode Kooperatif Tipe Bercerita Berpasangan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV

Srikandi Oktaviani

Abstract


The purpose of this study was to obtain an objective and complete information about the implementation of the application of cooperative learning type of story telling in pairs on the subjects of Indonesian in fourth grade SDN 03 Curup the South in an effort to increase the activity of students in the classroom and create a learning fun, so that the learning outcomes can be increased. The method used is descriptive analysis method is a method that does not test the hypothesis but merely describes the information is in accordance with the variables studied, the results of data analysis canbe concluded that the implementation of cooperative learning type of storytelling in pairs in learning Indonesian can enhance students active learning in the classroom.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaranyang objektif dan lengkap tentang pelaksanaan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN 03 Curup Selatan dalam upaya peningkatan keaktifan siswa di kelas dan menciptakan proses belajar yang menyenangkan, sehingga hasil belajar dapat meningkat. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu metode yang tidak menguji hipotesis melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanyasesuai dengan variabel-variabel yang diteliti, dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keaktifan siswa belajar di kelas.

Kata kunci: metode kooperatif tipe bercerita berpasangan, Bahasa Indonesia, keaktifan.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v7.i1.201708


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2006. Kurikulum SD/MI Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rofiuddin, Ahmad, dkk. 1999. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Rostiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wibowo, Teguh. 2004. Cinta Bahasa Kita 4. Jakarta: Ganeca Exact.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.