PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OLEH SISWA

Tri Suwandi, Neni Hasnunidah, Rini Rita T. Marpaung

Abstract


This study aimed to determine the effect of using openended PBM models in improving problem-solving skills of students. This study was a quasi experimental with pretest posttest designs not equivalent. Samples were students in class X1 and X6 selected from the population by using cluster random sampling. This research data were in the form of quantitative and qualitative data. The quantitative data were obtained from the average value of pretest and posttest that were statistically analyzed using t-test at 5% confidence level through SPSS 17. Qualitative data were in the form of a description of the problem solving ability of students, student learning activity data, and the questionnaire responses of students to use open-ended PBM model which were analyzed descriptively. The average percentage of students activity in all aspects observed in the experimental class is higher than the control class (experimental = 81.32; control = 64.22). Therefore, learning by using PBM model of open-ended can influence the increasing of problem solving skills by students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBM open-ended dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X6 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan pemecahan masalah oleh siswa, data aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBM open-ended yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah oleh siswa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (eksperimen = 82,92; kontrol = 73,92). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 81,32; kontrol = 64,22). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBM open-ended berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah oleh siswa.

Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah open-ended, kemampuan pemecahan

masalah, pembelajaran biologi, keanekaragaman hayati.


Full Text:

PDF

References


Capraro, M.M., R.M. Capraro, V.V. Cifarelli. What are the students as they solve open-ended mathematics problems? (Online), http://math.unipa.it/~grim/21_project /21_charlotte_CapraroPaperEdit.pdf. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012.

Depdiknas. 2006. Sosialisasi KTSP. Jakarta: Ditjen PMPTK, Depdiknas.

Eric, C.C.M. 2005. Using Open-Ended Mathematics Problems A Classroom Experience (Primary). National Institute of Education, Nanyang Technological University. Singapura.

Foshay, W.R. dan A. Gibbons. 2005. Learning, Teaching, and Designing ProblemSolving: An Assessment. (Online), http://www.foshay.org. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012. Heinemann. 2012. Open-ended assessment in Math: A Researchable Collection of 450+ Questions. Online)http://www.books.heinemann.com. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012.

Hake, R.R. 1999. Analizing Change/Gain Score. (Online), http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855. Diakses pada Selasa, 18 Oktober 2011.

Hung, W., D.H. Jonassen, dan R. Liu. 2010. Problem-Based Learning. (Online), http://faculty.ksu.edu.sa/Alhassan/Handbookonresearchineducationalcommunication/ER5849x_C038.fm.pdf. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012.

IMSA. 2008. Problem-Based Learning Matters. (Online), http://pbln.imsa.edu/resources/PBL_Matters.pdf. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012.

Kirkley, J. 2003. Principles for Teaching Problem Solving. Indiana: Indiana University.

Mills, D. 2003. Problem-Based Learning (Online), www.hebes.mdx.ac.uk/teaching/Research/PEPBL. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012.

Morgan, J. dan B. Williams. 2008. Overview of Problem Solving. (Online), http://www.pcrest2.com/institute_resources/CT/

_2_6.pdf. Diakses pada Kamis, 10 November 2011.

Paidi. 2010. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel Semnas FMIPA 2010 UNY. (Online), http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132048519/ArtikelSemnasFMIPA2010UNY.pdf. Diakses pada Selasa, 18 Oktober 2011.

Parwati, N.N. 2005. Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan-Masalah dalam Rangka Mengefektifkan Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Inovasi Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 2 Singaraja). (Online), www.undiksha.ac.id/images/img_item/752.doc. Diakses pada Rabu, 8 Maret 2012.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahara, L., A. Setiawan, dan I. Hamidah. Using problem based Learning Model to Increase critical Thinking Skill at Heat Concept. Universitas Pendidikan Indonesia.

Santyasa, I.W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah Pelatihan Pembelajaran dan Asesmen Inovatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah di Kec. Nusa Penida. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Shimada, S. dan J.P. Becker. 1997. The Open Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics. Reston, Virginia.

Takahashi, A. 2010. Open-ended Problem Solving and Computer instantiated Manipulatives (CIM). (Online), http://students.ed.uiuc.edu/takahash/ICME9CIM.pdf. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2012.

Vendi agrys, L. 2007. Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII Semester II di SMP Kecamatan Semarang Timur Tahun Pelajaran 2006/2007. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.