MENINGKATKAN PUKULAN SWING PERMAINAN SOFTBALL MENGGUNAKAN METODE RESIPROKAL

Sabaruddin Yunis Bangun

Abstract


This study aimed to determine the learning outcome blow swing in class IX SMP Dharma Pancasila Medan academic year 2015/2016. The method used was a classroom action research. In order to obtain the data, a test was carried out before using reciprocal teaching style (pre-test) and after using reciprocal teaching in the form of the application of swing stroke technique in 2 meetings. The samples in this study were 24 students. The results of the percentage calculation showed that: (1) From the test results before using reciprocal teaching style (pre-test), it showed that 5 students (20.83%) who have reached the level of learning mastery. Then the learning is done using reciprocal teaching style (2) From the test results in the first cycle it obtained that 16 students (66.67%) who have reached the level of learning mastery. (3) From the test results in the second cycle, it obtained that 21 students (87.5%) have reached the level of learning mastery. Based on the results of data analysis, it can be said that reciprocal teaching style can improve learning outcomes of swing stroke technique.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan swing pada siswa kelas IX SMP Dharma Pancasila Medan tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre-test) dan setelah menggunakan gaya mengajar resiprokal yang berbentuk aplikasi teknik pukulan swing sebanyak dua kali pertemuan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Hasil perhitungan persentase menunjukkan: (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar resiprokal (pre test) diperoleh 5 siswa (20,83%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar resiprokal (2) Dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 16 siswa (66,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. (3) Dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 21 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar teknik pukulan swing.

Keywords: pukulan swing, permainan softball, metode resiprokal


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bethel, Dell. 1993. Petunjuk Lengkap Softball dan Baseball. Semarang: Dahara Prize. Competition Rules. (2012-2013). pasal 184 (hal 49-50) dan pasal 186 (hal 51).

Dabbagh, Nada & Brenda Bannan-Ritland. 2005. Online-Learning: Concepts, Strategies, and application. Upper Saddle River, Nj-Columbus, OH. Pearson.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Anwar. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumidara. Widya, Mochamad. 2004. Belajar Berlatih Gerak-gerak Dasar Atletik dalam Bermain. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harry Wibowo. 2011. Hakikat Pendidikan Jasmani. (On Line), (http:// harrywibowo sampurno 4.blogspot.com / (2011/05/hakikat-pendi dikanjasmani.html), diakses tanggal 10 Agustus 2013.

Moston, Muska. 1981. Teaching Physical Education. chales E. Merril Publishing Company A Bell & Howell Company Columbus. Ohio 43216.

Mukholid, Agus. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan 1 SMA X. Jakarta: Yudistira

PPG-PGSD. 2012. Pengertian Hasil Belajar. (http://ppg-pgsd.blogspot.com/2012/2014/pengertian hasil belajar, html), diakses, 23 april 2013.

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip-prinsip pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kristianto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surakarta: UNESS PRESS.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Nomor 23 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.