KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TUNARUNGU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPLB-B PKK PROVINSI LAMPUNG

Rifky Hidayat, Suherman Suherman

Abstract


The obstacles encountered during the implementation process of mathematics learning in inclusive junior high school B of Family Welfare Guidance (SMPLB-B PKK) Lampung is the disruption of communication between students and teachers or vice versa. The purpose of this study was to determine the ability of mathematical communication of deaf students in mathematics learning. Stages of this qualitative descriptive study included an observation, interviews, documentation and triangulation using a handycam recording device. The data used in this research was the data analysis by Miles and Huberman model. The results showed that the students feel more comfortable in receiving learning with lecture method of sign language- based, oral method (speech), and writing, but an understanding of concepts and mathematical ability of deaf students is still relatively low.

Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan proses pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa B Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (SMPLB-B PKK) Lampung adalah terganggunya komunikasi antara siswa dengan guru atau sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa tunarungu pada pembelajaran matematika. Tahapan penelitian deskriptif kualitatif ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi dengan menggunakan alat perekam handycam. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa lebih nyaman menerima pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah berbasis bahasa isyarat, metode oral (ujaran), dan tulisan, tetapi pemahaman konsep dan kemampuan matematis siswa tunarungu masih tergolong rendah.

Kata kunci: komunikasi matematis, sistem isyarat, tunarungu


Full Text:

PDF

References


Efendi, M. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Mahasiswa S2 SPS Universitas Pendidikan Indonesia Edisi Khusus No.1

Malatista, B.R. dan Sediyono, E. 2011. Model Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV SDLB Penyandang Tunarungu dan Wicara dengan Metode Komtal Berbantuan Komputer. Jurnal Informatika. 7(1) : 7-26

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D,. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wardani, I.A.K. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.