Implementation of Pancasila Student Profiles on Protista Material using Wizer. Me Application

Rossanita Truelovin Hadi Putri, Fatikhatun Nikmatus Sholihah, Moch. Faizul Huda

Abstract


Abstract: The Pancasila student profile is a character value and competency that is the goal of students by implementing the noble values of Pancasila. Implementing the Pancasila student profile is necessary to develop the student's character, which is starting to decline. This research aims to describe the implementation of the Pancasila student profile on protist material with the help of the Wizer.me application. The subjects in this research were 36 students from SMA Negeri 3 Mojokerto. This type of research is descriptive qualitative, and data collection is carried out using interviews, observation, and documentation techniques. The results of this research are that the Pancasila student profile has been implemented in schools very well. Teachers and students have been directed in learning the Merdeka Curriculum so that implementing the Pancasila student profile in each critical dimension, creative dimension, dimension of being devoted to God Almighty and having noble morals, dimensions of cooperation, and independence obtains satisfactory results. The Wizer.me application as a learning tool on protist material can be a fun, innovative, and effective learning reference.      

 

Keywords: pancasila student profile, protist, wizer.me.

 

Abstrak: Profil pelajar Pancasila merupakan suatu nilai karakter serta kompetensi yang menjadi tujuan peserta didik dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila. Urgensi penerapan profil pelajar Pancasila diperlukan bagi perkembangan karakter peserta didik yang mulai menurun. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar Pancasila pada materi protista dengan berbantuan aplikasi wizer.me. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik dari SMA Negeri 3 Kota Mojokerto sebanyak 36 orang. Jenis penelitian dengan deskriptif kualitatif serta pengumpulan data yang dilakukan mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini ialah implementasi profil pelajar Pancasila telah diterapkan di sekolah dengan sangat baik. Guru serta peserta didik sudah diarahkan dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka, sehingga implementasi profil pelajar Pancasila pada tiap dimensi kritis, dimensi kreatif, dimensi bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, dimensi bergotong royong dan mandiri memperoleh hasil yang memuaskan. Aplikasi wizer.me sebagai sarana pembelajaran pada materi protista dapat menjadi referensi pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan efektif.

 

Kata kunci: profil pelajar pancasila, protista, wizer.me



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v24i4.pp730-741 

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., & Nawawi, E. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 2 Palembang. Journal on Education, 5(2), 3340-3344. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1006

Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (n.d.). (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Creswell, J.W. (2019). A Concise Introduction to Mixed Methods Research. SAGE Publication.

Dewi, A., Purnamasari, R., & Karmila, N. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Webiste Wizer.me Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Dikdaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(02), 2562-2575. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.995

Gusti Ayu Putu Yanthi Widyantini, I Wayan Suastra, & Ida Bagus Putu Arnyana. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 243–248. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.873

Indraswati, D., Sobri, M., Fauzi, A., Wira, L., Amrullah, Z., & Rahmatih, A. N. (2023). Keefektifan Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif dengan Wizer.me untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di SDN 26 Mataram. Journal on Education, 05(04), 14615–14624.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendibudristek. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Kajian_PPP.pdf

Kemendibudristek. (2022a). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/V.2-

Dimensi-elemen-subelemen-Profil-Pelajar-Pancasila-pada-Kurikulum-Merdeka.pdf

Kemendibudristek. (2022b). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf

Munandar, Utami. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Nurun Alanur, S. S., Amus, S., & Tadulako, U. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2553

Pujiningtyas, M.R., Minarti, I.B., dan Sa’diyah. (2023). Implementasi Discovery Learning Pada Materi Ekosistem dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 8(01), 21-27. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2636

Putri, R.T.H., Huda, M.F., dan Meishanti, O.P.Y. (2023). Pengembangan Buku Ajar Peserta Didik (BAPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Protista SMA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif. EDUSCOPE, 8(02), 1-14. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i2.3362

Sinuhaji, V. V., Siti, N., Siregar, S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2), 105–118. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.159

Sulastri, I., Mahardika, N., Sugiarti, P., & Sudrajat, Y. (2023). Analisis hasil belajar dalam penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) Interaktif dengan Aplikasi Wizer.me Materi Interaksi Sosial. SINAU: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 57–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.8188065

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sylvia, Natasya. (2023). Pengembangan e-lkpd berbantuan Wizer.me pada mata pelajaran manajemen perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XI MP SMKN 1 Malang [Thesis]. Universitas Negeri Malang.

Tadjuddin, N. (2018). Early Children Moral Education in View Psychology, Pedagogic and Religion. Al-Athfaal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(4), 15–38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.