Development of Character Education-Based Modules to Improve Student Learning Outcomes on Ecosystem Material
Abstract
Abstract The research aims to develop educational, practical and effective character-based modules of valid, practical and effective ecosystem material. The study was conducted in SMAS Yayasan Reis Cendikia Tembung, Medan. In this study, research and development methods with model 4D. The results show assessments by experts at materials scored 92.31 percent, media experts at 96.43 percent and character education at 96.43 percent with valid and worthy criteria used in the learning process. Practical test results on the educators' response scores at 77.50 percent and learners at 78.63 percent which show modules are very practical to use. The module's application of learning results gained effective results with scoring a n-gain score of 0.73 with high criteria. Thus, the education-based core of ecosystem material is defined as valid, practical, and effective, and worthy of use in the learning process.
Keywords modules, ecosystems, development, character education
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis pendidikan karakter materi ekosistem yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMAS Yayasan Reis Cendikia Tembung, Medan. Pada penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian oleh ahli materi memperoleh skor sebesar 92,31 persen, ahli media sebesar 96,43 persen dan ahli pendidikan karakter sebesar 96,43 persen dengan kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji kepraktisan respon pendidik memperoleh skor sebesar 77,50 persen dan peserta didik sebesar 78,63 persen yang menunjukkan modul sangat praktis untuk digunakan. Hasil penerapan modul terhadap hasil belajar peserta didik memperoleh hasil yang efektif dengan perolehan skor N-gain sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, modul berbasis pendidikan karakter materi ekosistem diartikan valid, praktis, dan efektif, serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. .
Kata kunci: modul, ekosistem, pengembangan, pendidikan karakter
Full Text:
PDFReferences
Abdi, G. P., & Anugraheni, I. (2012). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Tema 6 Cita-citaku. Jurnal Tematik, 11(1), 1–8.
Afriadi, R., Lufri, & Razak, A. (2013). Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Jurnal Kolaboratif, 1(2), 19–30.
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Arywiantari, D., A A Gede Agung, & I Dewa Kade Tastra. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran Ipa Di Smp Negeri 3 Singaraja. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–12.
Benhadj, N., Hairida, H., Ulfah, M., Masriani, M., & Lestari, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanah Pinoh. Jurnal Education and Development, 11(2), 255–261. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4732
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan AJar untuk Persiapan Guru Mengajar. Gava Media.
Devitri, S., Srimulat, F. ., & Syafaruddin. (2021). Pengembangan Modul Biologi Materi Sistem Reprouksi Berbaasis Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19. Edu-Bio. Edu-Bio: Education and Biology, 3(2), 22–26.
Haka, N. B., Asih, P. A. S., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Nilai Sains Sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI mata Pembelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA. Quangga:Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1-13).
Kristianti, D., & Julia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, 4(1), 38–50. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71/61
Najmudin, Syihabudin, Ma’zumi, & Jakaria. (2023). Budaya Sekolah dan Efektivitasnya Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. JAWARA: Pendidikan Karakter, 9(1), 128–140.
Putu Devi Efriani, N., Putu Parmiti, D., Pudjawan, K., & Studi Teknologi Pendidikan, P. (2016). Pengembangan Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Pelajaran Ipa Kelas Vii Semester Genap Di Smpn 1 Negara. Jurusan Teknologi Pendidikan, 4(1), 35–45.
Riduwan, & Sunarto. (2014). Pengantar statistika untuk penelitian : pendidikan,sosial, komunikasi, ekonomi dan bisnis / Riduwan,Sunarto ; editor, Akdon. Alfabeta.
Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41
Riza, M. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 73–82.
Sari, W. R., Superno, & Nuha, U. (2023). Development of Scrapbook Media to Improve Critical Thinking Skills of Junior High School Students in Science Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(1), 235–247.
Setyaningsih. (2022). Setyaningsih, (2022), Pengembangan Instrumen Hinger Order Thingking Skills (Hots) Berbasis Literasi Matematika Materi SPLDV. Aksioma, 11(3), 1739–1748.
Sofyan, S. (2015). Pendidikan Karakter. Alfabeta.
Sohilait, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Cakra.
Subawa, P., & Mahartini, K. . (2020). Konsentrasi Paradigma Pendidikan Parakter Thomas Lickona pada Sekolah. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 149–160.
Sudaryanti. (2012). Pentingnya pendidikan Karakter Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11–16.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pariwisata (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D). CV Alfabeta.
Sundayana, R. (2020). Statistik Penelitian Pendidikan (Edisi ke-2). Alfabeta.
Tanjung, I. . (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Prodi Tadris Biologi UINSU Medan.
Thiagarajan Sivasailam, D. S. S. dan M. I. S. (1974). instructional Development for Training Teacher of exceptional children, Minneapolis, Minnesota. National Center for Inprovement Educational System.
Wahyu Kurniyawan, Muflikhul Khaq, & Titi Anjarini. (2021). Pengembangan Modul Digital Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Subtema 1 Suhu dan Kalor. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1280–1288. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1426
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.