The Effect of SQ3R Learning Model on Students Metacognitive Ability in the Topics of Ecosystem

Tantri Rada, Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti

Abstract


Abstract The low metacognitive ability of students is caused by teachers never empowering metacognitive abilities and there are still many teachers who use conventional learning approaches. The purpose of this study was to determine the effect of the SQ3R learning model on students' metacognitive abilities on ecosystem materials and to determine the differences in students' metacognitive abilities who were taught with the SQ3R learning model and conventional learning. The sample used is two classes with a total of 76 students. The research instrument consisted of a metacognitive ability test in the form of an integrated essay with learning outcomes and a metacognitive ability questionnaire which was measured using the Metacognitive Awareness Inventory Junior (MAI-Jr). The data analysis technique in this study was analyzed using ANCOVA. It was found that the influence of the SQ3R learning model on students' metacognitive abilities and the experimental class students' metacognitive abilities was better than the control class. Furthermore, there is a significant effect of the SQ3R model on students' metacognitive abilities on each indicator of metacognitive ability. So that the findings obtained can be applied by teachers in carrying out learning, especially in Biology subjects.

 

Keywords ecosystem, metacognitive ability, SQ3R learning model.  

 

Abstrak Rendahnya kemampuan metakognitif siswa disebabkan guru tidak pernah memberdayakan kemampuan metakognitif dan masih banyak guru yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan metakognitif siswa pada materi ekosistem dan mengetahui perbedaan kemampuan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R dan pembelajaran konvensional. Sampel yang digunakan yaitu dua kelas dengan jumlah 76 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan metakognitif berupa essay terintegrasi dengan hasil belajar dan angket kemampuan metakognitif yang diukur menggunakan Metacognitive Awareness Inventory Junior (MAI-Jr). Teknik analisis data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan ANCOVA. Diperoleh adanya pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan metakognitif siswa dan kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Lebih lanjut, terdapat pengaruh yang signifikan model SQ3R terhadap kemampuan metakognitif siswa pada setiap indikator kemampuan metakognitif. Sehingga temuan yang diperoleh, dapat diterapkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Biologi

 

Kata kunci ekosistem, kemampuan metakognitif, model pembelajaran SQ3R.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp1158-1172


Full Text:

PDF

References


Andriyani, H. (2015). Hubungan antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar mahasiswa baru jurusan pendidikan mipa fkip universitas mataram. Skripsi, Universitas Mataram.

Apriani, N. M. W. (2014). Korelasi antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar ipa siswa kelas vii smpn 1 kuripan tahun ajaran 2013/2014. Skripsi, Universitas Mataram.

Arifin, A. N., & Saenab, S. (2014). Perbandingan kesadaran metakognitif siswa yang diajar menggunakan model problem-based instruction (pbi) dengan kooperatif tipe think pair share (tps). Bionature, 15(2), 81–89.

Arifin, M.S., Siti, Z., dan Susriyati, M. (2012). Hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas x dengan strategi reciprocal teaching di sma negeri 1 lawang. Thesis, Universitas Negeri Malang.

Bahri, A. (2010). Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (rqa) pada perkuliahan fisiologi hewan terhadap kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif mahasiswa jurusan biologi fmipa universitas negeri makassar. Thesis, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 model pembelajaran dalam student centered learning (CTL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Cautinho, A. S. (2007). The relationship between goals, metacognition, and academic success. Educate, 7(1), 39–47.

Effendi, N. (2013). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kesadaran metakognisi belajar biologi siswa sma berkemampuan akademik berbeda di kabupaten sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(3), 85-109.

Fahmawati, F., & Komala, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran survey, question, read, recite, review (sq3r) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik sma. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 55–62.

Fauziyah, D.R., Aloysius D, C., dan Siti, Z. (2012). Hubungan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas x dengan penerapan strategi pembelajaran think pair share di sman 6 malang. Thesis, Universitas Negeri Malang.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area Of American Psychologist.

Hasanah, H., Abdullah., & Sugianto. (2013). Pengaruh model pembelajaran survey, question, read, recite, review (sq3r) dan learning strategy terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif pada materi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 48–53.

Hermawan, A. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran menurut al-ghazali. Jurnal Qathruna, 1(1), 84–98.

Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Metode pembelajaran sq3r untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99.

In'am, A. (2009). Peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study berbasis metakognisi. Jurnal Pendidikan, 12(1), 125–135.

Jannah, M. (2018). The effect of survey, question, read, recite, and review (sq3r): method and learning motivation of achievement in learning indonesian language. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 4(1), 1–11.

Latief, H., Rohmat, D., & Ningrum, E. (2014). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar (studi eksperimen pada mata pelajaran geografi kelas vii di smpn 4 padalarang). Jurnal Gea, 14(2), 14–28.

Lestari W., Selvia F., & Layliyyah R. (2019). Pendekatan open-ended terhadap kemampuan metakognitif siswa. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 93-106.

Livingston, J. A. (2003). Metacognition: An overview. Eric clearinghouse on assesment and evaluation. College Park Maryland.

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Formatif: Jurnal Formatif, 5(3), 279–285.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Masrura, S. I. (2003). Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan prestasi belajar matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MAPAN), 1(1), 1–19.

Nidawati. (2013). Belajar dalam perspektif psikologi dan agama. Jurnal Pionir, 1(1), 13–28.

Nurfitria. (2021). Implementasi Metode pembelajaran sq3r (survey, question, read, recite, review) dalam upaya meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok sistem pencernaan makanan kelas xi sman 1 sungai lala. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5933–5940.

Nurvita., Sinaga, B., & Mukhtar. (2019). Analisis kesulitan metakognisi dan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di smp n 1 lawe bulan aceh tenggara. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 20-25.

Nuryana, E., & Sugiarto, B. (2012). Hubungan keterampilan metakognisi dengan hasil belajar siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) kelas x-1 sma negeri 3 sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 1(2), 83–91.

Oka, I. B. (2020). Penggunaan model pembelajaran sq3r (survey, question, read, recite, review) sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris. Journal of Education Research, 4(3), 256–263.

Ozsoy, G., & Ataman, A. (2009). An investigation of the relationship between metacognition and mathematics achievement. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2), 227–235.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Yogyakarta: Deepublish.

Poetri, D. A., & Nugroho, E. D., & Vlorensius. (2020). Hubungan antara kecerdasan emosional dan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar siswa kelas vii smp negeri di kabupaten nunukan. Borneo Journal of Biology Education, 2(1), 7–15.

Pratiwi, I., Suratno, S., & Iqbal, M. (2016). Peningkatan Kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa dengan pendekatan keterampilan proses melalui think pair share pada siswa kelas x-3 sman yosowilangun lumajang tahun 2014/2015. Jurnal Edukasi UNEJ, 3(2), 22-28.

Rahman, S., & Philips, J. A. (2006). Hubungan antara kecerdasan metakognisi, motivasi dan pencapaian hasil akademik pelajar universiti. Jurnal Pendidikan, 31, 21–39.

Rahmita, R., & Setiawan, Y. (2020). Pengaruh SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMP di Kota Sukabumi. Report of Biological Education, 1(1), 21–29.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma baru pembelajaran, sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rinaldi. (2017). Kesadaran metakognitif. Jurnal RAP UNP, 8(1), 79–87.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assesing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460–475.

Selmedani, S., Septiana, V. W., & Lasari, Y. L. (2021). Penggunaan model sq3r untuk meningkatan hasil belajar membaca pemahaman pada peserta didik kelas iv sd. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(1), 55–66.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solichin, M. M. (2006). Belajar dan mengajar dalam pandangan al-ghazali. Tadris, 1(2), 138-139.

Sophianingtyas, F., & Sugiarto, B. (2013). Identifikasi level metakognitif dalam memecahkan masalah materi perhitungan kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 2(1), 21–27.

Sperling, R. A., Howard, B. C., Miller, L. A., & Murphy, C. (2002). Measures of childrens’s knowledge and regulation. Contemporary Educational Psychology, 27(1), 51–79.

Susanti, Y. (2019). Implementasi metode pembelajaran sq3r dalam upaya meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok sistem pencernaan makanan kelas x di smk negeri 2 banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(2), 59-71.

Turdjai. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa. Triadik, 15(2), 17–29.

Utami, S. (2012). The Influence of survey question read recite and review (sq3r) learning method on the students’ achievement in ecosystem concept of the seventh grade at mts negeri pamarican ciamis regency. Jurnal Pendidikan.

Wijayanti, T. S. (2020). Penerapan metode sq3r dalam meningkatkan hasil belajar biologi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4), 224–230.

Wulandari, & Listiana, Y. (2021). Analisis kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematik pada pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Math Education Nusantara, 4(1), 38–51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.