Profile of Students Critical Thinking Skills on the Concept of Pressure through Collaborative Sharing and Jumping Task
Abstract
Keywords: lesson design, critical thinking skills, TBLA, sharing and jumping task.
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA dengan desain pembelajaran kolaboratif sharing and jumping task. Indikator keterampilan berpikir kritis yang digunakan berdasarkan Ennis (1985). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lesson design sharing and jumping tasks terdiri tiga kegiatan inti: sharing task 1, sharing task 2, dan jumping task. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan rekaman audio proses pembelajaran. Data dianalisis dengan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif sharing and jumping task dapat memunculkan keterampilan berpikir kritis siswa. Profil keterampilan berpikir kritis siswa pada kegiatan sharing task 1 ditemukan 6 indikator dengan presentase tertinggi 58 persen, pada sharing task 2 ditemukan 12 indikator dengan presentase keterampilan berpikir kritis tertinggi 100 persen, dan pada jumping task ditemukan 9 indikator dengan presentase tertinggi 75 persen.
Kata kunci: lesson design, keterampilan berpikir kritis, TBLA, sharing dan jumping task.
Full Text:
PDFReferences
Anwar, B., Munzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh Collaborative Learning Dengan Teknik Jumping Task Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Sains. Vol. 1 (2), hlm. 15-25.
Danora, Y. (2020). Pengembangan Lesson Design Sharing & Jumping Task untuk Menumbuhkan Aktivitas Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Reaksi Redoks. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational Leadership. Vol. 43 (2), hlm. 44-48.
Hendayana, S., Suryadi, D., Karim, M., Sukirman., et al. (2006). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: FMIPA UPI dan JICA.
Hesse, F.W., Pea, R., Zahn, C., & Krauskopf, K. (2012). How to improve collaborative learning with video tools in the classroom? Social vs cognitive guidance for student teams. Computer-Supported Collaborative Learning 7(2), 259–284.
J. R. Fraenkel, N. E. Wallen, and H. H. Hyun, How to Design and Evaluate Research in
education. New York: McGraw-Hill, 2012.
KEMENDIKBUD RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan
Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum
Di Sekolah Menengah Atas. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 1–
M. Frydenberg and D. Andone, “Learning for 21 st Century Skills,” in International Conference on Information Society, pp. 314–318
Masaaki, S. (2012). Dialog Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek
“Learning Community”. Bandung: Pelita.
Nusantara, F., Shibata,Y., & Hendayana, S. (2017). Uncovering Teacher’s
Question in Guiding Student Students in Learning Science Appling a
Transcript-based Lesson.
Rahmayanti, E., Hendayana, & Riandi, R. (2021). Students’ Critical Thinking Skill In Learning Physical and Chemical Changes Througn Hybdrid Learning. In Prosiding Seminar NAsional & Internasional .
Ratnasari, Supriatna, A, & Hendayana, S. (2020). Critical Thinking Development in Collaborative Learning : Case study of Transformer Topic through Lesson Study at Junior High School, ICEIT:50–54.
R. H. Ennis, “A Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skills,” in Assessing Critical Thinking, 1985.
Solehudin. (2021). Pembelajaran Kolaboratif Sharing and Jumping Task Pada Topik Pencemaran Lingkungan Untuk Menumbuhkan Aktivitas Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Supriatna, A., & Hendayana, S. (2020, February). Critical Thinking Development in Collaborative Learning: Case study of Transformer Topic through Lesson Study at Junior High School. In Proceedings of the 2020 9th International Conference on Educational and Information Technology (pp. 50-54).
Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makalah pada Seminar UNNES, tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.