Assessing the Acceptance of Blended Learning Implementation in Universitas Lancang Kuning using the Technology Acceptance Model

Rizki Novendra, Ambiyar Ambiyar, Fadhilah Fadhilah, Syahril Syahril, Sutejo Sutejo, Yogi Ersan Fadrial

Abstract


Abstract: The Covid 19 pandemic has forced learning activities to be carried out online. In response to this, Universitas Lancang Kuning, which has implemented the Blended Learning application, wants to measure the level of use and understand the factors that influence the acceptance of the system in an agency. The study was conducted at the Unilak Fasilkom with 92 samples. Data obtained by distributing questionnaires based on indicators and variables of the technology acceptance modelling method. The results of this study indicate that the multiple regression analysis of the variables that have an influence on the real condition of information users is the variable Benefits of using information systems (X1), User Ease of Information Systems (X2), and User Attitudes towards Information Systems (X3) have a significant influence on real condition of information system users (Y). Meanwhile, the behavior of information system users (X4) has no effect. 

Keywords: technology acceptance model, blended learning, covid 19 pandemic.

Abstrak: Pandemi Covid 19 memaksa kegiatan belajar untuk dilaksanakan secara daring. Menanggapi hal tersebut Universitas Lancang Kuning yang telah menerapkan aplikasi pembelajaran Blendeed Learning ingin melakukan pengukuran terhadap tingkat penggunaannya dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi di terimanya sistem pada suatu instansi. Penelitian dilaksanakan pada Fasilkom Unilak dengan 92 sampel. Data diperoleh dengan menyebarkan angket yang berdasarkan indicator serta variable dari metode technology acceptance modelling. Hasil dari penelitian ini menyaakan bahwa analisis regreasi berganda variabel yang memiliki pengaruh terhadap kondisi nyata pengguna informasi adalah variabel Manfaat penggunaan sistem informasi (X1), Kemudahan Pengguna Sistem Informasi (X2), dan Sikap Pengguna Terhadap Sistem Informasi (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kondisi nyata pengguna sistem informasi (Y). Sedangkan perilaku pengguna sistem informasi (X4) tidak memiliki pengaruh.

Kata kunci: technology acceptance model, blended learning, TAM, pandemic covid-19.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v22i2.pp198-205


Full Text:

PDF

References


Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.

Nerisafitra, P., & Susanto, F. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Menggunakan Website Pembelajaran dengan Technology Acceptance Model (TAM). … and Educational Technology), 03, 97–100. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/6834

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Setiawan, T. H., & Aden. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506

Alfian, Ari, N., & Tjahjadi, D. (2019). Technology Acceptance Model pada Sistem Pembelajaran E-Learning. Information Management for Educators and Professionals, 4(1), 63–72.

Djusar, S., Sadar, M., & Asril, E. (2020). Analisa Kualitas Layanan Sistem Smart Unilak Menggunakan Servqual Method. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 278–290.

Fiyah, N., Mayangky, N. A., Hadianti, S., & Riana, D. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Perdagangan Elektronik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 59–68.

Flourensia Sapty Rahayu1, Djoko Budiyanto2, D. P. (2017). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98.

Hartatik, S. R., & Budihartanti, C. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode TAM ( Technology Acceptance Model ). Jurnal PROSISKO, 7(1), 1–7.

Iqbal, J., & -, A. (2018). Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi. InFestasi, 14(2), 116.

Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista ( Application Of Logistic And Supply Telkom Akses ). 04(2019), 106–120.

Khairudin, K., Rahmi, E., Rahmidani, R., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2019). Analisis Kebijakan Penggunaan E-Learning Di Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 97.


Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.