Efektivitas Pre Lecture Quiz untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Abstract: Effectiveness of Pre Lecture Quiz to Improving the Critical Thinking. This research was aimed to describe the effectiveness of Pre Lecture Quiz to improving students critical thinking skill on Arrhenius acid base topic. The research method used was quasi experimental with non equivalen pretest posttest control group design. The sample selection was done by cluster random sampling, and XI IPA 4 is obtained as experimental class and XI IPA 5 as control class. The effectiveness of Pre Lecture Quiz was showed by the significant difference for average n Gain of flexible thinking skill between the control and experiment class, for control class was 0.53 with middle categorize and for experiment class was 0.70 with high cateogorize. The conclusion of this research is effective Pre Lecture Quiz and has a high effect size to improving the ability of critical thinking on Arrhenius acid base topic.
Keywords: critical thinking, Pre-Lecture Quiz, Arrhenius acid base
Abstrak: Efektivitas Pre Lecture Quiz untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Pre Lecture Quiz untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non equivalen pretest posttest control group design. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Efektivitas Pre Lecture Quiz ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n Gain keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas kelas kontrol dan eksperimen, yaitu kelas kelas kontrol sebesar 0,53 dengan kategori sedang dan eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pre Lecture Quiz efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa Arrhenius.
Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, Pre Lecture Quiz, asam basa Arrhenius
Full Text:
PDFReferences
Archambault, J. 2008. The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for The Master of Natural Science Degree with Concentration kin Physics; Arizona State University.
Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danial, M. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diberi Tugas Rumah dan Kuis pada Model Pembelajaran Langsung (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks). Jurnal Chemical, 14(1): 66-73.
Devi. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2).
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. (Disertasi) Bandung: SPs-UPI.
Fraenkel, J. R., Wallen N. E., dan Hyun H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition). New York: McGrow-Hill Companies.
Husnidar, I. M., Rizal, S . 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
Idayu, G. 2017. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Kalasan Kelas XI Tahun Ajaran 2015/2016. Journal Student UNY, 5(4): 6-7.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction. Journal Of Turkish Science Education,
(4).
Lestari, F. 2016. Pengaruh Penerapan Pre-Lecture Quiz (PLQ) pada Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Journal Student UNY, 5(4): 6-7.
Liliasari. 2007. Model-Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mengembangkan Keterampilan Generic Sains dan Berpikir Tingkat Pelajar. Bandung: UPI.
Nisa. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia. Diakses di http://edu post.id/internasional/pendidikan-indonesia-berada-di-peringkat-ke-57-dunia-versi-oecd/ pada tanggal 17 November 2018.
Nisbah F. 2013. Hakikat IPA. Semarang: Aneka Ilmu.
Permendikbud. 2013. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. 2014. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trisna, I. K. 2017. Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran untuk Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(2).
Widana, I.W. 2017. Modul Penyusunan Soal HOTS. Direktorat Jenderal Pendidikan Jakarta: Dasar dan Menengah.
Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.