Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasai Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Windi Samsidar, Matius Coesamin, Haninda Bharata

Abstract


Abstract: The Influence of Guided Inquiry Learning Towards Students Mathematical Communication Skill Junior High School. This quasi experimental research aimed to find out the influence of guided inquiry learning model towards students matemathical communication skill. The population of this research was all of eight grade students of SMPN 9 Bandarlampung in academic year of 2018 2019 as many as 180 students that were distributed into 6 classes. The samples of this research were students of VIIIA as many as 29 studentsand VIIIC as many as 29 students class that were chosen by purposive sampling technique. The design of this reserch was the pretest postest control group design. The analysis data which used was mann whitney test. The data in this research was quantitaive data that obtained by students mathematical communication scale. The Analysis data by using mann whitney  test is obtained that guided inquiry learning model influenced students mathematical communication skill.

Keywords: guided inquiry, mathematical communication, the influence

 

Abstrak: Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampu-an Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018 2019 yang terdiri dari 180 siswa dan terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebanyak 29 siswa dan VIIIC sebanyak 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitiannya adalah pretest posttest control group design. Data berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan uji mann whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, komunikasi matematis, pengaruh.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v19i1.pp13-24


Full Text:

PDF

References


Armiati. 2003. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Matematika. Bandung: Universitas Katholik Parahyangan.

Bahariawan. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampua Pemahaman Konsep Matematika dan Ke¬mam¬puan Komunikasi Matema¬tis Sis¬wa SMA. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.ut.ac.id/1097/1/41451.pdf), diakses 24 November 2018. Jakarta.

Daulae, Tatta Herawati. 2014. Mencip¬takan Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Forum Paeda gogik. (Online), Vol. 06, No. 02, (file:///C:/Users/USER/Downloads/181-292-1-SM.pdf), diakses 20 Desember 2018.

Dewi, Puspa. 2016. Efektivitas Model Inquiry Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/32366/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 24 November 2018. Lampung.

Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasara¬na Indonesia.

Gumay, Putri. 2014. Penerapan

Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.6 di SMPN 3 Kota Bengkulu. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.unib.ac.id/8418/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-thi.FK.pdf), diakses 08 November 2018. Bengkulu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebu¬dayaan Republik Indone¬sia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiriyah, Nor., Sujadi, Imam., & Subanti, Sri. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Forum Paeda gogik. (Online), Vol. 06, No. 01, (https://media.neliti.com/media/publications/71288-ID-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-kel.pdf), diakses 20 Desember 2018.

Lindawati, Sri. 2010. Pembelajaran Ma¬¬tematika Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemaha¬man Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Perta¬ma. Tesis diterbitkan. (Online), (https://www.academia.edu/15782818/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_PENDEKATAN_INKUIRI_TERBIMBING_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_DAN_KOMUNIKASI_MATEMATIS_SISWA_SEKOLAH_MENENGAH_PERTAMA), diakses 24 Januari 2019. Bandung.

Lutfi, Ahmad. 2016. Problem Posing dan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. FKIP UNS.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.(Online). (https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diakses 11 Januari 2019.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I) Excellent and Equity in Education. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 08 November 2018.

Ontario Ministry of Education. 2010. Capacity Building Series. Ontario:The Literacy and Numeracy Secretariat.

Ramellan, Purnama., Musdi, Edwin., & Armiati. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Forum Paeda gogik. (Online), Vol. 01, No. 01, (https://docplayer.info/30058645-Kemampuan-komunikasi-matematis-dan-pembelajaran-interaktif-purnama-ramellan-1-edwin-musdi-2 dan-armiati-3.html), diakses 20 Desember 2018.

Rofiah, Asiatul. 2010. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matema¬tika Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok Yogyakarta. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://core.ac.uk/download/pdf/11059799.pdf), diakses 24 November 2018. Yogyakarta.

Soedjadi, R. 2007. Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Forum Paeda gogik. (Online), Vol. 01, No. 01, (file:///C:/Users/USER/Downloads/2-1-1-SM.pdf), diakses 20 Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.