Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa
Abstract
Abstract: The effectiveness learning model of think talk write on students mathematical representation skills. This research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning Think Talk Write type on students mathematical representation skills. The population of this research was all students of eighth grade in SMP N 1 Kotabumi in academic year of 2018 2019 as many as 244 students which were distriuted into eight classes. The sample of this research were all students of class VIII D as many as 32 students and VIII E as many as 32 students who were selected by cluster random sampling technique. The design which was used in this research was pretest posttest control group design and the data collecting technique was test. The research data was the increasing score of mathematical representation skills that obtained through an essay test. Based on the result of proportion test and test using 0,05 of significance level, concluded that cooperative learning Think Talk Write type was not effective on students mathematical representation skills.
Keyword: effectiveness, mathematical representation, think talk write
Abstrak: Efektivitas model pembelajaran think talk write ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kotabumi semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 244 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design dengan teknik penilaian menggunakan teknik tes. Data penelitian berupa skor peningkatan kemampuan representasi matematis yang diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan uji proporsi dan uji dengan taraf signifikan 0.05 diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, representasi matematis, think talk writeFull Text:
PDFReferences
Astin, Anita. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 3, No. 2, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/7978/pdf), diakses pada 25 April 2019.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2014. Permendikbud No¬mor 58 Tahun 2014 Tentang Tujuan Mata Pelajaran Mate¬matika. Jakarta: Depdiknas.
Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembe-lajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Ke-mampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Mate-matis Siswa SMP. Jurnal Penelitian pendidikan. (Online), UPI Vol. 13, No. 2, (http:// jurnal.upi.edu), diakses pada 19 Maret 2019.
Hake, Richard R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. (Online), Vol. 66, No. 1, (http://www.montana.edu/msse/Data_analysis/Hake_1998_Normalized_gain.pdf), diakses pada 20 Februari 2019.
Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online). (https://eprints.uny.ac.id/7036/1/P22-Kartini.pdf). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mudzakir, Hera Sri. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Disertasi diterbitkan. (Online), (http://repository.upi.edu), diakses pada 18 oktober 2018. Bandung: UPI.
Mulyati. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) UIN Sunan Gunung Djati Vol. 2, No. 3, (https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/1223), diakses pada 25 maret 2019.
NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. (Online). (https://www.nctm.org/uploadedfiles/Standards_and_Positions/Focus_in_High_School_Mathematics/FHSM_Executive_Summary.pdf), diakses pada 12 Maret 2019. VA: NCTM.
OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I) Excellent and Equity in Education. (Online), (http://www.oecd-ilibrary.org.), diakses pada 12 Maret 2019. Newyork: Colombia.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Syofitami, Raisa Adira. 2018. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 6, No. 3, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/15320/pdf), diakses pada 28 Oktober 2018.
Wahyuni, S. 2012. Peningkatan Kemampuan Representasi dan Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS. Tesis tidak diterbitkan.. Bandung: PPS UPI.
Yamin, H. M. dan Bansu I. A. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.