Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Menggunakan Media Poster dan Media Audio Visual Dengan Memperhatikan Aktivitas Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Gedong Tataan

Rizki Nur Amanah, Yon Rizal, Widya Hestiningtyas, I Komang Winatha, Suroto Suroto, Fanni Rahmawati, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dan aktivitas belajar serta kurangnya penerapan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ada/tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan media poster dan media audio visual kelas XI di SMA N 1 Gedong Tataan, ada/tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas visual, dan ada/tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas lisan, serta ada/tidaknya interkasi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode pada penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment pendekatan komparatif dengan desain factorial 2x2. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling berjumlah 69 sampel, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji t-Test Dua Sampel Independent dan Uji ANAVA Dua Jalan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan media poster dan media audio visual dimana rata-rata hasil belajar dari penggunaan media poster lebih tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas visual, dan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan media poster mendapatlan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan media audio visual dengan memperhatikan aktivitas lisan, serta terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan aktivitas belajar terhadap hasil belaajar ekonomi siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Media Poster, Media Audio Visual

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v5i2.111-117


Full Text:

PDF

References


Anisa, Rina. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Media Poster Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih Di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineke Cipta.

Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Baskara, Anton. (2021). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Thesis. Riau: UIN Suska Riau.

Chasanah, Siti. (2019). Pengembangan Media Poster Untuk Meningkatkan Daya Tangkap Berfikir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Toroh Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Materi Pemenuhan Kebutuhan Manusia. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah., Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Fety, Novianty. (2017). Analsis Aktivitas Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Sosial.

Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B.Uno. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hardianti, Siti. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPI Darul Hikmah Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hernawan, Asep H., dan Resmini, Novi. (2014). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agamma RI.

Hestingtyas, Widya., Suroto, dan Rahmawati. (2019). Kebutuhan Media Pembelajaran Mahasiswa: Analisis pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan. Vol 2 (2): 74-83.

Janna, N.M., dan herianto, H. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabiltas dengan menggunakan SPSS.

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P.W., dan Berlian, N. (2021). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Vol 2(2): 283-295.

Maiyena, S. (2020). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Materi Global Warning. Jurnal Materi Pembelajaran Fisika. Vol 3 (1): 18-26.

Margareta, Elisabeth, Rumahorbo Yohana Br, dkk. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Khalipah Tahun 2023/2024. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 10 (10): 4641-4648.

Rusman, dkk. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionaitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman, Tedi. (2015). Statistika Penelitian Aplikasinya dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusman, Tedi. (2017). Statistika Parametrik. Bandar Lampung: Bahan Ajar FKIP Pendidikan Ekonomi Universitas lampung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto., Yon R., Rahmawati., dan Widya, H. (2019). Kebutuhan Media Pembelajaran Mahasiswa: Analisis Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Economic Education And Entrepreneurship Journal. Vol 2(2): 74-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizki Nur Amanah

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141