Pengaruh Softskill Terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru pada Mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Lampung

Andi Adam Rahmanto, I Komang Winatha, Pujiati Pujiati, Yon Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh softskill terhadap kesiapan menjadi calon guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, objek penelitian adalah mahasiswa pendidikan IPS angkatan 2018-2021 FKIP UNILA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner atau angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu t hitung > t tabel 3,885 > 1,967 dengan Tingkat signifikansi0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan soft skill terhadap kesiapan menjadi calon guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial FKIP Universitas Lampung.

Kata Kunci: Soft Skill, Kesiapan, Guru.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i1.74-78


Full Text:

PDF

References


Adi, y. K. (2017). Kesiapan mahasiswa pgsd untuk menjadi guru sd. Jurnal pendidikan guru madrassah ibtidaiyah, 2(2), 20–30.

Amka. (2019). Filsafat pendidikan. Nizamia learning center.

B, m., hidayat, m. Y., & anggeren, s. (2018). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika berbasis taksonomi kognitif bloom. Jurnal pendidikan fisika, 6(2), 96–101.

Fauzan, f. (2020). Pengaruh soft skill dan locus of control terhadap kesiapan fresh graduate dalam era industri 4.0 (studi pada prodi manajemen unihaz bengkulu). Creative research management journal, 2(2), 1. Https://doi.org/10.32663/crmj.v2i2.1105

Firdaus, i. (2017). Urgensi soft skills dan character building bagi mahasiswa. Jurnal tapis, 14(1), 1689–1699.

Hidayat, r., & abdillah. (2019). Ilmu pendidikan konsep, teori dan aplikasinya (c. Wijaya & amiruddin (eds.)). Lembaga peduli pengembangan pendidikan indonesia (lpppi).

Miyono, n., muhdi, m., nyoman, n. A., & wuryani, t. (2019). Pengaruh soft skill pendidik dan efikasi diri terhadap stres akademik siswa madrasah aliyah negeri kabupaten semarang. Jurnal smart (studi masyarakat, religi, dan tradisi), 5(1), 45–56. Https://doi.org/10.18784/smart.v5i1.746

Neff, & citrin. (1999). Lesson from the top.

Purnomo, h. (2019). Psikologi pendidikan. In t. Wahyono (ed.), buku psikologi. Lembaga penetilian, publikasi, dan pengembangan (lp3m) universitas muhammadiyah yogyakarta.

Roisah, b., & margunan. (2018). Pengaruh minat menjadi guru, penguasaan mkdk, dan ppl terhadap kesiapanmahasiswamenjadi guru. Economic education analysis, 7(1), 59–74.

Rokhayati, a., kambara, r., & ibrahim, m. (2017). Pengaruh soft skill dan perencanaan karir terhadap kinerja karyawan dengan kualitas pelatihan sebagai variabel modertor. Jurnal riset bisnis dan manajement tirtayasa, 1(2), 107–125.

Rozak, A., Yanzi, H., & Siswanto, E. (2022). Pengaruh Kegiatan Karang Taruna Dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Etika Berbangsa Dan Bernegara Di Desa Sari Bakti Kecamatan Saputih Banyak. Journal of Social Science Education, 3(1), 64-73.

Suroto, S., Rizal, Y., Rahmawati, R., & Hestiningtyas, W. (2019). Kebutuhan Media Pembelajaran Mahasiswa: Analisis Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 2(2), 74-83.

Suroto, S., Winatha, I. K., & Rahmawati, F. (2022). Strategi Peningkatan Self-Directed Learning Melalui Pemahaman Literasi Pada Online Learning. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 2(1), 22-27.

Wahyulestari, m. R. D. (2018). Keterampilan dasar mengajar di sekolah dasar. Prosiding seminar nasional penelitian, pendidikan dan penerapan mipa, 199–210.

Zainuddin, m. (2010). Melejitkan soft skills mahasiswa. Pusat penerbitan dan percetakan unair (aup).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Adam Rahmanto

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141