Pengaruh Kegiatan Karang Taruna dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Etika Berbangsa dan Bernegara di Desa Sari Bakti Kecamatan Seputih Banyak

Abdul Rozak, Hermi Yanzi, Edi Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kegiatan karang taruna dalam pengamalan nilai-nilaipancasila sebagai etika berbangsa dan bernegera. Metode yang digunakan dalamĀ  penelitian ini adalah menggunakandeskriptif dengan pendekatan kuantitif, serta jumlah yang termasuk dalam populasisebanyak 65 responden anggota karang taruna. Sampel yang digunakan adalah anggota karang taruna yang selanjutnya di interpretasikan sesuai dengan data yang disajikan dari hasil penelitian diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05 dan thitung sebesar 6,914lebih besar dari ttabel sebesar 0,2075. Maka H1diterima dan Ho ditolak. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan karang taruna dalam pengamalan nilai-nilai pancasila sebagai etika berbangsa dan bernegara di desa Sari Bakti kecamatan Seputih Banyak.

Kata Kunci: Karang Taruna, Pancasila,Organisasi Kepemudaan.

Doi:https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i1.64-73


Full Text:

PDF

References


Adhayanto, Oksep. 2015. Implementasi Nilai-nilai pancasila Sebagai Dasar Negara dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Ilmu Hukum.Vol. 5 No.2

Yuwanto, R, O, D. 2019. Penurunan Partisipasi Pemuda Desa Grendeng Dalam Karang Taruna. Prosiding seminar nasiona dan call for papers.

Mulyadi, Dedi. 2014. Internalisasi Nilai-nilai pancasila dalam Dinamika Demokrasi Dan Perkembangan Ketatanegaraan Indonesia. Bandung : PT Refika Aditama.

Kaelan. 2011. Pendidikan Pancasila. Paradigma : Yogyakarta. hlm 21.

Riris Afriyanto. 2017. Peran Karang taruna dalam Pemberdayaan Pemuda Melalui Pelatihan Karawitan Gamelan Jawa Dusun Plumbon Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Eromoko Wonogiri. Jurnal Luar Sekolah.

Wadu, L, B, dkk. 2019. Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Karang taruna. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9 (2).

Amri, S. R. (2018). Pancasila sebagai sistem etika. Voice of Midwifery, 8(01), 760-768.

Wijaya, A. (2008). Kedudukan Norma Hukum dan Agama dalam Suatu Tata Masyarakat Pancasila. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam, 11(2 Des), 402-416.

Triwahyuni, D. (2010). Bangsa Dan Negara.

Saputra, I. (2017). Peran Organisasi Kepemudaan Dalam Meningkatkan Pemahaman Wawasan Nusantara Di Kalangan Pemuda Indonesia. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 1(1).

Astuti, P. D. (2011). Trust dan kultur organisasi sebagai penggerak intellectual capital terhadap kinerja organisasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(2).

Sugiyono, P. D. 2014. Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 291, 292.

Sari, Y. N., Yanzi, H., & Mentari, A. (2020). Peranan Guru PPKn Dalam Menanamkan Civic Virtue Peserta Didik Di SMA YP Unila Bandar Lampung. Journal of Social Science Education, 1(2), 77-85.

Rusman, T., & Suroto, S. Hasil Belajar Menggunakan Crh Dan Make A Match Dengan Memperhatikan Motivasi Belajar Siswa. Pekobis: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis.

Yulianto, R., Pujiati, P., Suroto, S., & Maydiantoro, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(1), 74-84


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Rozak, Hermi Yanzi, Edi Siswanto

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141