Blanded Learning Di Era New Normal

Dyanti Mahrunnisya

Abstract


Blended Learning merupakan inovasi pembelajaran yang mengkombinasikan kemajuan teknologi sesuai dengan tuntutan pembelajaran di abad 21 dan relevan dengan pembelajaran masa transisi pembelajaran luring ke daring, daring ke luring akibat pandemi covid- 19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan pendekatan deskriptif kualitatif hasil pencarian beberapa penelitian dengan data sekunder. Berdasarkan hasil pembahasan penerapan blended learning menjadi salah satu solusi yang bisa  digunakan dalam pembelajaran saat ini dengan menggunakan berbagai macam aplikasi online, web, streaming, video, dan sebagainya.

Kata Kunci: Blended Learning, New Normal

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i1.18-24


Full Text:

PDF

References


Abello, C.A.M. 2018 . How Professional Development in Blended Learning Influences Teachers Self Efficiacy. Dissertations., Grand Canyon University.

Achmadi,T.A. 2015. Pengaruh Penerapan Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Permesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Bonk, C.J and Graham, C.R . 2006. The Handbook of Blended Learning; Global perspectives, Local Designs. San Fransisco: John Wiley & Sons

Carman, J.M. 2005. Blended Learning Design: Five Key Ingredients. Diunduh dari melalui http://www.agilantlearning.com/pdf/Blended%20Learning%20Design.pdf pada tanggal 2 Juni 2022.

Codemi. 2021. Kelebihan Model Blended Learning dan Kekurangnya saat ini. https://codemi.co.id/kelebihan-model-blended-learning-dan-kekurangannya-saat-ini/ diakses 1 juni 2022.

Fatirul, A.N., Walujo.J.A. 2020. Desain Blended Learning: Desain Pembeajaran Online Hasil Penelitian. Surabaya: Scopindo Media Pustaka

Graham, C.R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In C. Bonk & C. Graham (Eds.)

Graham, C. R. Piccianon, A. G., Charles D, Dziuban. 2014. Blended Learning Research Perspestive. New york: Routledge

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Mukhadis, A. 2013. Sosok Manusia Indonesia Unggul dan berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di era Globalisasi. Jurnal pendidikan Karakter. Vol 4 no 2.

Nasution, N.,Jalinus, N.,Syahril. 2019. Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Unilak Press

Rifai’i, A., Catharina T.A. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajarn Berbasis Komputer (Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21). Bandung. Penerbit Alfabeta.

Rosenberg, M. J. 2001. E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies

Staker, H. Horn, M.B. 2012. Classifying K-12. Blendedn Learning. Innosight Institute.

Thorne, K. 2003. Blended Learning : How to Integrate Online and Tradicional Learning, London : Kogan Page Publishers.

Wijoyo, H, dkk. 2020. Blended Learning Suatu Panduan. Solok: Insan Cendikia Mandiri

Yunitasari, R. Hanifah, U. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 no 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dyanti Mahrunnisya

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141