Pemanfaatan Teknologi Berbasis Sosial Media Linkedin Guna Efektivitasi, Efisiensi Permintaan dan Penawaran Kerja Di Masa Pandemi Covid-19

Dyanti Mahrunnisya, Amar Ma'ruf, Fanni Rahmawati

Abstract


Penerapan teknologi informasi dan komunikasi memang mutlak dalam perusahaan sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan dan meningkatkan produktivitas.Pembangunan teknologi informasi perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik atau menyeluruh selesai dibangun. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kekuatan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.Dalam penerapannya, rencana strategis teknologi informasi akan senantiasa diselaraskan dengan rencana perusahaan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya akan menyebabkan setiap pimpinan perusahaan merasa perlu untuk menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dari penelitian yang relevan. Hasil peneilitian ini menyatakan efisiensi rekrutmen tenaga kerja berbasis media online jika ditinjau dari tenaga, dan waktu jika dibandingkan dengan metode rekrutmen konvensional sangat efisien pada biaya dan waktu dibanding metode lain.

Kata kunci: LinkedIn, Permintaan, Penawaran.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v2i2.88-91


Full Text:

PDF PDF

References


Chapman, D.S., & Gödöllei, A.F. (2017). E-Recruiting: Using Technology to Attract Job Applicants. In Hertel, G., Stone, D.L., Johnson, R.D. and Passmore, J. (Eds.), The Wiley Blackwell Handbook of the Psychology of the Internet at Work. John Wiley & Sons Ltd., pp. 213–256.

Dharmawan, R., Susilo, H., & Aini, E.K. (2018). Analisis Efisiensi Rekrutmen Tenaga kerja Melalui Media Online Dan Media Konvensional (Studi Tentang Efisiensi Waktu dan Tenaga Dari PT. Jasa Marga (Persero) Tbk). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 64(1), Hlm. 161- 170.

Filip, L., & Derek, C. (2019). The SAGE Handbook of Human Resource Management. Los Angeles: Sage.

Handriani, I., Sidik, A.N.S., Multazam, A., & Wijaya, I. (2019). Aplikasi Perekrutan dan Penempatan Karyawan Baru Berbasis Web (Studi Kasus PT BFI Finance Indonesia Tbk). Ensiklopedia of Journal, 1 (2). Hlm. 199-206.

Hijriah, H.Y., & Adiba, E.M. (2019). The Labor Market: An Overview from an Islamic Perspective. The International Journal of Applied Business Tijab, 3(1), 24-31.

Kaur, S. (2019). Demand and Supply Circle in HR Market. International Journal of Scientific Research, 8 (5), 2277-8179.

Nanda, K.W. (2017). Efektifitas Penerapan Metode Rekrutmen Online (Erecruitment) (Studi Pada Pt Industri Kereta Api (Inka) – Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 53(1), Hlm. 96-104.

Sabha, S. (2018). Impact of Online recruitment on recruitment. International Journal of Education and Research. 6(4), 47-52.

We are Social (Hootsuite). (2020). Digital 2020 Indonesia. diakses pada 18 Januari 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141