Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa Yang Berkepribadian Ekstrovert Dengan Introvert Dengan Memperhatikan Minat Belajar Pada Siswa Kelas XI Ips Di Sman 8 B.Lampung Tahun 2020/2021
Abstract
Kepribadian yang sering mempengaruhi kehidupan manusia khususnya siswa dalam pembelajaran yaitu berupa kepribadian introvert dan ekstrovert Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang berkepribadian ekstrovert dan berkepribadian introvert. (2) Untuk mengetahui perbandingan pencapaian hasil belajar sejarah antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi terhadap mata pelajaran sejarah.(3) Untuk mengetahui perbandingan pencapaian hasil belajar sejarah antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dengan siswa yang berkepribadian introvert pada siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap mata pelajaran sejarah (4) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara kepribadian dengan minat belajar terhadap mata pelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Penelitian ini bersifat eksperimental semu (quasteksperiment design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 8 B.Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas XI IPS. Hasilteknikcluster random samplingdiperolehkelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 sebagai sampel. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan nilai tes. Analisis data menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Hasil penelitian dapatkan (1) Adanya perbedaan hasil belajar peserta didik, siswa yang berkepribadian ekstrovert mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan siswa yang berkepribadian introvert. (2) Hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa ekstrovert lebih unggul dibandingkan siswa introvert. (3) Hasil belajar sejarah siswa pada perlakuan eksovert lebih tinggi dengan minat belajar yang rendah daripada kelas introvert dengan minat belajar yang tinggi. (4) Hasil penelitian ini terdapat interaksi antara perlakuan kepribadian dengan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah. Pada kelas dengan perlakuan ekstrovert para peserta didik memiliki keaktifan dan berinteraksi selama proses belajar mengajar secara objektif yang mempengaruhi kepribadiannya sedangkan pada kelas dengan perlakuan introvert lebih dalam pada keadaan mental dan sikap diri peserta didik itu sendiri, dan minat belajar di kedua kelas cukup tinggi sehingga memberikan pengaruh pada keperibadian peserta didik.
Kata Kunci: Kepribadian Introvert dan Ekstrovert, Pelajaran Sejarah
Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i1.25-43
References
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang : Universitas Negeri Padang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujanto, Agus, dkk. 2009. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara
Winkel, W.S. 1997. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo
Yusuf, Syamsu & A. Juntika Nurihsan. 2011. Teori Kepribadoan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141