Pengaruh Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ppkn di SMA Negeri 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2020/2021

Nina Karerina

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pagelaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara dan dokumentasi. Alat bantu untuk menganlisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021 dengan besar persentase pengaruhnya yaitu 63,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, berbasis permasalahan kontekstual, dan tidak rutin dan mengusung kebaruan sedangkan untuk variabel dependen (Y) yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan melakukan pengecekan terhadap semua langkah yang telah dilaksanakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS berpengaruh 63,1% terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pagelaran tahun pelajaran 2020/2021.

Kata kunci: Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS, Keterampilan, Pemecahan Masalah

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v1i1.69-76 


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Amalia, Nunung Fika dan Endang 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampillan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol.8. No. 2.

Fanani, Moh. Zainal. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam kurikulum 2013. Jurnal of Islamic Relogious Education. Vol. II. No. 1.

Fitriyani, Risma Valentinadan M. Maryani 2019. Pengaruh LKS KOlaboratif Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tehadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol. 7. NO. 2. ISSN:233-604X (print). ISSN: 2549-2764 (online).

Hafera, Nelius. 2018. Hubungan Motivasi Tehadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Metode Praktikum. JURNAL SELARAS. Volume.1. Nomor 1.

Jayadiningrat, Made Gautama dan Emirensia. 2018. Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Volume.2. Nomor. 1.

Kemendikbud. 2019. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Muliawati. 2020. Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran PPKn Pada UPT Satuan Pendidikan. Phinisi Integration Review. Vol. 3. No. 1.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Pendidikan Nasional

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi

Rahmi, Yanzi, & Rohman. 2019. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Peserta didik SMK terhadap mata pelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol.5. No. 2.

Retno Tri Lidya Ningrum. 2016. Pengaruh Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI Materi Buffer Dan Hidrolisis. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sappaile, Baso Intang. 2007. Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. ISSN 0215-2673.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami, Diyah Ayu Putri dan Naniek 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 13. No. 1. P-ISSN 1979-5823. E-ISSN 2620-7672

Widiana, I Gede Kasih, dkk .2020. Pengaruh Instrumen Penilaian Kognitif Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 1 pada siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Volume. 3. Nomor.3 E-ISSN: 2621-5705. P-ISSN: 2621-5713.

Yanzi, Hermi. 2016. Penggunaan model based instruction untuk meningkatkan civic skill pada mata pelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi. Vol. 6. No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141