Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Civic Skill

Rizal Maulana, Hermi Yanzi, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran PPKN untuk meningkatkan civic skill kelas VIII SMP Tri Sukses Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dengan analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, rumus interval, persentase, dan Chi kuadrat. Hasil menunjukan bahwa: Pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT dalam pembelajaran PPKn dalam penelitian ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan civic skills peserta didik di SMP Tri Sukses Natar. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung yang menunjukan bahwa hitung = 37,09 kemudian dikonsultasikan dengan Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5% (0,05) dan derajat kebebasan = 4 maka di peroleh tabel = 9,49. Dengan demikian hitung lebih kecil dari tabel ( hitung tabel), yaitu 37,09 9,49. Dengan demikian hipotesis diterima, yang berati terdapat pengaruh yang signifikan, artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y, yaitu pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT berpengaruh terhadap pembelajaran PPKn untuk meningkatkan civic skills peserta didik di SMP Tri Sukses Natar.

Kata kunci:  Civic Skills, Pemanfaatan Media ICT,

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v4i2.70-77


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta Pusat: Prestasi Pustakarya.

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Pusat: Raja Grafindo Persada.

Budi Sutedjo Dharma Oetomo. 2002. Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: e-Education.

Branson, M.S. 1998. The Role of Civic Education. Calabasas: CCE

Christine Canning-Wilson.1998. Practical Aspects of Using Video in the Foreign Language Classroom. The Internet TESL Journal, Vol 6 No 11.

Cholisin. 2009. Diktat Ilmu Kewarganegaraan (civic) . Yogyakarta: FIS UNY.

Erizha, Cahaya Saputri. 2019. Analisis Pengembangan Civic Skills Peserta Didik Oleh Guru PPKn Di MTs Al- Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Lampung: Jurnal Kultur Demokrasi. Vol 3 No 4.

Hamzah B. Uno & Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Safitri, Prahesti Tirta. 2018. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP yang Memperoleh Model Pembelajaran Quick On The Draw dan Treffinger. Universitas Muhammadiyah Tanggerang.: Journal Home Page. Vol 1 No 1.

Sari, Dini Destina dan Adelina Hasyim, Yunischa Nurmalisa. 2016. Peranan Karang Taruna dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Pemuda Kelurahan Margodadi.Universitas Lampung: Jurnal Kultur Demokrasi. Vol 4 No 6.

Soekartawi. 2003. E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Universitas Kristen Petra. Makalah seminar nasional E-Learning.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO. 2004. Schoolnettoolkit. Bangkok: UNESCO Asia and Pacific Regional Bureau for Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141