Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring Terhadap Pembentukan Watak Kewarganegaraan Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung

Lailatul Alfi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadap pembentukan watak kewarganegaraanmahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PPKn angkatan 2017, 2018, dan 2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu wawancara. Alat bantu untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh berbasis daring terhadapwatak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung besarnya presentase pengaruhnya yaitu 75,1% dengan indikator variabel independen (X) yaitu: desain pembelajaran, lingkungan belajar, dan layanan pendukung dan untuk variabel dependen (Y) yaitukemandirian, disiplin, dan tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh berbasis daring sebesar 75,1% terhadap watak kewarganegaraan mahasiswa program studi PPKn Universitas Lampung.

Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring, Watak Kewarganegaraan, Mahasiswa

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v1i1.49-59


Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. 2020. Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. Jurnal Pendidikan. Volume 7. Nomor 1

Azzizah, Y. 2015. Socio-Economic Factors on Indonesia Education Disparity. International Education Studies. Volume 8. Nomor 12.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.

Cheawjindakarn, Bussakorn, Praweenya Suwannatthachote, and Anuchai The era roungchaisri. "Critical success factors for online distance learning in higher education: A review of the literature." Creative Education 3.08 (2013): 61

Effendi, AlberthPohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. Jawa Tengah: Cv. Sarnu Untung.

Erfita, F., Suntoro, I., & Yanzi, H. 2018. Pengaruh Iklim Sekolah Dan Konsep Diri Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik SMP Islam Permata Bunda. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5. Nomor 9.

Koh, J.H.L., Chai, C.S., Natarajan, U. 2018. Developing Indonesia teachers technological pedagogical content knowledge for 21st century learning (TPACK-21CL) through a multi-prong approach. Auckland: Journal of International Education and Business. Volume 3. Nomor 1.

Kurnia, Y., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Adab Sopan Santun Dengan Perubahan Sikap Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 2. Nomor 1.

Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta. Kencana Media Group.

Pangondian, R. A., Paulus I. S. dan Eko N. 2019. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 56-60.

Ria, Y. L. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Jurnal Skripsi) FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang.

Sarwono, S. W. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Gra findo Persada.

Setiawan, A. R. 2020. Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education. Volume 4. Nomor 1.

Sugeng, H. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Perajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 3. No. 3.

Winataputra, Udin Saripudin. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan DalamPerspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Bandung:Widya Aksara Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141