Pengembangan bahan ajar ekoliterasi untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V sekolah dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualitas bahan ajar dan keefektifan bahan ajar ekoliterasi untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian pengembangan bahan ajar adalah siswa kelas V SDN Kalirejo 2 dan SDN Luwihaji 3. Uji coba dilakukan dengan melakukan 2 kali pertemuan dengan menerapkan pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Bahan ajar ekoliterasi dinyatakan layak untuk dikembangkan, karena selama proses pembelajaran berjalan, aktivitas guru berjalan dengan lancar, siswa menikmati proses pembelajaran. 2. Kualitas bahan ajar dinyatakan layak dan patut untuk dikembangkan, karena dalam proses validasi yang dilakukan 2 validator dinyatakan valid. 3. Keefektifan bahan ajar ekoliterasi dinyatakan efektif dengan hasil pretest dan posttest yang mengalami kenaikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD setelah menggunakan bahan ajar ekoliterasi mengalami peningkatan.
Kata kunci: bahan ajar, ekoliterasi, menulis, narasi
Full Text:
PDFReferences
Andi Prastowo, (2011). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.
C. E. Roth, (1992). Environmental literacy: Its roots, evolution
and directions in the 1990s. Columbus, OH: ERIC Clearinghouse
for Science, Mathematics and Environmental Education.
Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., & Phipps, W. A. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak ( Developmentally Appropriate Parctices) (5th ed.). Kencana
Setyaningrum, Tri Wahyu. (2020). Praktik Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat. JPGSD Universitas Negeri Surabaya.
Syukron, Ahmad. (2018). Ekoliterasi : Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Lingkungan. Jurnal Eksplorasi Bahasa, Sastra dan Budaya Jawa Timuran. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jember.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp21-29
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats