Sosiokognitif mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia di FKIP Universitas Lampung

Khoerotun Nisa Liswati, Rian Andri Prasetya, Eka Sofia Agustina

Abstract


Penelitian ini dilatarelakangi pemakaian bahasa Indonesia baku dan nonbaku terkadang masih belum memenuhi kualifikasi berdasarkan konteksnya. bahasa Indonesia baku yang sejatinya dapat dipakai pada situasi-situasi resmi, seperti di lingkungan pendidikan/sekolah/kampus bahkan pada saat perkuliahan justru terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sosiokognitif mahasiswa terhadap bahasa Indonesia berdasarkan pengaruh faktor sosial yang terdiri atas aspek sikap, persepsi, dan latar belakang  mahasiswa yang diklasifikasikan menjadi latar belakang:  jenis kelamin/gender, etnis/suku,  serta pendidikan/program studi; (2) mendeskripsikan sikap bahasa dan persepsi mahasiswa terhadap bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sosiokognitif mahasasiswa terhadap bahasa Indonesia menunjukkan rata-rata hampir 90% responden memiliki sikap positif terhadap penguasaan bahasa Indonesia dengan beberapa alasan di antaranya: (a) menguasai bahasa Indonesia resmi  itu penting, (b) kalau mau berhasil di tempat kerja, sesorang perlu menguasai Bahasa Indonesia. (c) kalau melanjutkan pendidikan di sekolah, sesorang perlu menguasai Bahasa Indonesia resmi, dan;  (2) sikap bahasa mahasiswa juga menunjukkan  bahwa mahasiswa selain mementingkan bahasa Indonesia, responden pun memiliki sikap positif terhadap bahasa daerah dan bahasa asing. Sebanyak 80% responden menyatakan sangat setuju bahwa menguasai bahasa daerah penting sebagai identitas daerah.  Responden pun antusias terhadap bahasa asing, hal ini tampak dalam  persentase sikap yang  diberikan, yakni 75%. Responden memberikan alasan bahwa bahasa asing, khususnya bahasa Inggris penting dikuasai.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2007 Sosiologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Atkinson, Dwight. 2002. Toward a Sociocognitive Approach to Second Language

Acquisition. The Modern Language Journal Vol. 86, No. 4 (Winter, 2002),

pp. 525-545

Betancourt, H. & Lopez, S. R. 1993. The study of culture, ethnicity, and race in

American psychology. American Psychologist, 48, 629-637.

Chaplin. J.P. 2002. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah: Kartiko, K. Jakarta:

Raja Grafika Persada.

Dittmar, Norbert. 1976. Sociolinguistics: A Critical Survey of Theory and

Application. London: Edward Arnold.

Dzuhayatin, Siti Ruhaini. 1996. Membincang Feminisme: Gender dalam

Perspektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti

Fishman, Joshua A. 1986. Reading in The Sociology of Language. Paris: Mouton

Haque.

Halim. A. 1974. Intonation in Relation to Syntax in Bahasa Indonesia. Jakarta:

Djambatan

Idi ,Abdullah.2011. Sosilologi Pendidikan : Individu, Masyarakat, dan

Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Kern, Richard. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford

University Press.

Kridalaksana, H. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Phinney, J.S. 2004. Ethcnic Identity: Development and Contextual Perspective

Richard, et al. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistic

Rusyana, Yus. 1989. Perihal Kedwibahasaan (Bilingualisme). Jakarta: FPS IKIP

Bandung.

Intoduction to a General Theory. Oxford, UK: Oxford Univesity Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Suwito, 1991. Sosiolinguistik. Surakarta: UNS Press.

Tajfel, H., & Turner, J. C. (1986). The Social Identity Theory of Intergroup

Behavior. Dalam S. Worchel & W. Austin (Eds.), Psychology of Intergroup

Relations (pp. 7–24). Chicago: Nelson Hall.

Yin, Robert K. 2004. Studi Kasus, Desain dan Metode, Penerjemah Mudzakir,

Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp131-146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats