Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia-Prancis di Kalangan Mahasiswa Indonesia

Jehan Natasha, Afriant Dinta Pratama, Mohamad Syaefudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan bentuk-bentuk interferensi bahasa Indonesia dalam tulisan bahasa Prancis pada tema la vie quotidienne dengan tindak tutur se présenter. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, sumber data diperoleh dari tulisan mahasiswa semester VI, Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang tahun 2020 yang berjumlah 13 responden dari 34 mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa frasa dan kalimat yang mengandung interferensi gramatikal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua bentuk interferensi, yaitu morfologis dan morfosintaksis. Interferensi morfologis meliputi: (a) Interferensi nominal pada pembentukan nomina berdasarkan genre (feminin/masculin) dan nombre (tunggal/jamak), dan (b) Interferensi ajektival pada pembentukan ajektiva menurut genre (feminin/masculin) dan nombre (tunggal/jamak). Interferensi morfosintaktis bahasa Indonesia-Prancis yang terjadi pada tulisan mahasiswa akibat kesalahan pada: (a) Pola pembentukan frasa (penggunaan nomina, dan penggunaan preposisi) dan (b) Pola pembentukan kalimat (struktur kalimat dan pembentukan pola kalimat).

Kata kunci :  bahasa, interferensi, morfologi, morfosintaksis, Perancis.

DOI : 10.23960/pranala.v04.i1.2021.02

 


Full Text:

PDF

References


Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Limau Manih: Refika Aditama.

Badudu, S.J. 2001. Pelik-pelik Bahasa Indonesia (Tata Bahasa) (cetakan ke- 42). Bandung: Penerbit CV Nawaputra”.

Muniroh, Frida Shona Kumara. 2018. Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia-Prancis pada Tulisan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Semester II Tahun 2018 Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (Studi Kasus). Skripsi. Pendidikan Bahasa Prancis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiyani. 2017. Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Prancis oleh Mahasiswa Semester Empat Tahun Akademik 2016/2017 pada Mata Kuliah Production Écrite Intermédiaire. Skripsi. Bahasa dan Sastra Asing. Universitas Negeri Semarang.

Wardhaugh, R. (2006). An Introduction to Sociolinguistics. In Blackwell Publishing.

Weinreich, U., & Martinet, A. (2010). Languages in contact: Findings and problems. In Languages in Contact: Findings and Problems. New York: The Hauge, Mouton.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats