Pengaruh Kemampuan Analisis dalam Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kognitif

Adi Wiranata, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


This research aimed to determine whether there was any significant influence Analysis Ability in Inquiry model to Cognitive Results of students in class X IIS 3 at SMA Negeri 2 Kotaagung in academic year of 2016/2017. This research used experiment with the type of one shot case study. Based on the analysis of quantitative data using paired test, it could be concluded that there was a positive significant Influence Analysis Ability in Inquiry model to increase cognitive results of students.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan analisis dalam model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas X IIS 3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Shot Case Study. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan analisis dalam model Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Kata kunci : hasil belajar kognitif, inkuiri, kemampuan analisis

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, Sofan Amri, dan Tatik Elisah. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Asswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rhineka Cipta.

Hasbulloh. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Sagala, Saiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.