Pengaruh Kemampuan Analisis dalam Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kognitif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kemampuan analisis dalam model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas X IIS 3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotaagung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Shot Case Study. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan analisis dalam model Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Kata kunci : hasil belajar kognitif, inkuiri, kemampuan analisisFull Text:
PDFReferences
Ahmadi, Iif Khoiru, Sofan Amri, dan Tatik Elisah. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Asswan Zein. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rhineka Cipta.
Hasbulloh. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 1980. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.
Sagala, Saiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.