Pengaruh Strategi Peta Konsep Laba-laba terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Terpadu Siswa

M Fadlan, Iskandar Syah, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this research to know "Is there a positive and significant influence learning strategy concept map-type spider on cognitive achievement of students in the Integrated IPS Subjects Class VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Academic Year 2016/2017". Data were analyzed using Eta and test formula F, it can be concluded that there is a significant positive effect is significant at 0.66 and 46.31 of learning strategy map concept spider types on cognitive learning outcomes of students.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi belajar peta konsep tipe laba-laba terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik analisis data menggunakan rumus Eta dan Uji F, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang cukup berarti yaitu 0,66 dan signifikan yaitu 46,31 dari strategi belajar peta konsep tipe laba-laba terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Kata kunci : hasil belajar, pengaruh, peta konsep laba-laba


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.18

L, Sutrisno. dkk. 2007. Pengembengan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Dirjen Dikti Diknas.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Oemar, Hamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenamedia Group.

Wassid, Iskandar dan Dadand Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 4-8

Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.