Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Model Mind Mapping dengan Kemampuan Menyimpulkan Materi Pelajaran Sejarah

Afida Afianingsih, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study is to determine whether There is positive and significant correlation of creative thinking ability in mind mapping model with the ability conclusion history lessons students at XI 1 grade of Social Science class of SMA YP Unila Bandar Lampung Academic Year 2016/2017.This study used One-Shot Case Study. The population in this study were students of XI 1grade Social Science class of SMA YP Unila Bandar Lampung Academic Year 2016/2017. The sample was choosen using saturated sampling technique. Data analysis techniques in this research was the analysis of quantitative data with test data analysis with correlation and significant Product Moment, it can be concluded that there is positive correlation with value is 0,604 and significant correlation is 5,51.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Adanya hubungan positif dan signifikan kemampuan berpikir kreatif dalam model mind mapping dengan kemampuan menyimpulkan materi pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dipilih dengan teknik sampel jenuh.Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Korelasi dan Signifikansi Product Moment, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang kuat yaitu 0,604 dan signifikan yaitu 5,51

Kata kunci: berpikir kreatif, menyimpulkan, mind mapping

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media,dan Stategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.

Idris, Zahara. 1981. Dasar Dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Imas. Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munier Buchori, Badrul. 2016. Otak Superior Tip Meningkatkan Kecerdasan Otak. Yogyakarta: Psikopedia.

Olivia, Femi. 2014. Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Rodney F, Allen. (1998; Juni), Social Science Teacher Education in An Era Globalization, Makalah Seminar, 1-14.

Sanusi, Anwar. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sprenger, Marilee. 2011. Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.