PENGARUH MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
This study aimed to determine whether there was any influence and how great significance level of influence of Role Playing model to increase learning motivation of VIII students at SMP Negeri 2 Pringsewu in the academic year 2016/2017. This study used experiment reserch. Based on the analysis of quantitative data using paired test, it could be concluded that there was a significant influence and the amount of influence given of Role Playing model is 0,283 which if it is put into an interpretation of the correlations, it was included into the category of quite significant.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model Role Playing terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan besarnya pengaruh yang diberikan model Role Playing sebesar 0,283 jika dimasukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori cukup signifikan.
Kata kunci: model pembelajaran, motivasi belajar, role playing
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional (2003), Undang-Undang No.20 tahun 2003tentang sistempendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Hadi, Sutrisno 2001. Metodologi Riset. Yogyakarta: Andi Publisher.
Mardalis.2009.Metode Penelitian,Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta:Bumi Aksara.
Margono S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Muhammad Musa Dan Titi Nurfitri.1988. Metodologi Penelitian. Jakarta :Fajar Agung.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta :Penerbit Bumi
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka.
Uno, Hamzah B.. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.