Pengaruh Model Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS Siswa Kelas VIII
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model Mnemonik terhadap hasil belajar kognitif IPS siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan menggunakan tipe posttest-only control design. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung = 7,259 > ttabel = 2,65, sehingga H0 ditolak. Jadi hasil analisis data secara kuantitatif Model Mnemonik berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa pada jenjang pengetahuan IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Katibung.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, ips, model mnemonik
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan.n Bandung: Angkasa.
Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri.2000. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Haryati, Dave. 2007. Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Press.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, Anas. 2005. Pengantar Evauasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.