Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa
Abstract
The purpose of the research is to find at the positive effect of learning model Group Investigation (GI) on student learning motivation for social study at the seventh grade SMP Negeri 1 Pulaupanggung Kabupaten Tanggamus in the Academic Year 2015/2016. The research method which used is true experimental with kind of postest only control group design. The data which had been collected using correlation formula theta (test with the result 0,40625 so that as a result can be shown that there is positive effect. Then for testing the significance was used testing square times (?2) with the result = 11,85 which revealed there is significant effect.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh positif model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulaupanggung kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan jenis postest only control group design. Setelah data didapatkan data yang telah terkumpul diolah menggunakan rumus korelasi uji theta dengan hasil yaitu Theta (= 0,40625 sehingga diketahui bahwa ada pengaruh yang positif. Selanjutnya untuk menguji signifikansi digunakan uji kai kuadrat (?2) dengan hasil yaitu (?2) = 11,85 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan.
Kata kunci: group investigation, motivasi belajar, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Colin Rose and Malcolm J. Nicholl. 2009. Accelerated Learning for The 21st Century : Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung : Nuansa.
Djamarah ,Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning : Metode Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
La Iru dan La Ode. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke-15. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Misbahuddin dan Iqbal Hassan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik: Edisi Kedua. Jakarta:Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.