EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Selvy Dwi Utami, Rini Asnawati, M. Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to know of effectiveness of implementation of Problem Based Learning (PBL) viewed by students mathematical representations skill. The population of this research was all students of grade eight of MTs of Al-Hikmah Bandar Lampung which was distributed into four classes. The samples were selected by purposive random sampling technique. The design which was used was pre-testpost-test control design. Based on the result of research, it was concluded that the implementation of PBL was not effective viewed by students mathematical representations skill but more effective than conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Al-Hikmah Bandar Lampung yang terdistribusi dalam empat kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Desain yang digunakan adalah pre-testpost-test control design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan PBL tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa tetapi lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, kemampuan representasi matematis, PBL


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2011. Learning To Teach. New York: McGraw Hill.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herman, Tatang. 2007. Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist Vol. 01 No. 01. [Online]. Diakses di http://file.upi.edu. pada 6 Juni 2015.

Hudiono, Bambang. 2005. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi. Bandung: UPI.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional. [Online]. Diakses di http://eprints.uny.ac.id. pada 3 Desember 2014.

Mudzakir, Hera S. 2006. Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Beragam Siswa SMP. Tesis. Bandung: UPI.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abddullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

TIMSS. 2011. Highlight From TIMSS 2011. [Online]. Diakses di http://nces.ed.gov. pada 29 Desember 2014.

Widarti, Sulis. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.