EFEKTIVITAS PENERAPAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Dina Eka Nurvazly, Haninda Bharata, Rini Asnawati

Abstract


This quasi-experiment research aimed to know the effectiveness of implementation of cooperative learning model of group investigation viewed from students mathematical conceptual comprehension. The population of the study was all students of grade VII of SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 which consist of four classes with the samples were students of VII A and VII D class which were selected by purposive sampling technique. The design which was used was posttest only control design. The data of students mathematical conceptual comprehension was obtained from essay test. The result of research showed that the implementation of cooperative learning model of group investigation was effective viewed by mathematical conceptual comprehension and more effective than conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas dengan sampel siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, group investigation, pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Fitriana, Laila. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. [Online]. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id. (diakses pada 10 Januari 2015).

Herawati, Oktiana Dwi Putra. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No. 1. Universitas Sriwijaya. [Online]. Tersedia di http://ejournal.unsri.ac.id. (diakses pada 10 Januari 2015).

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Magdalena, Fajar. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Sribhawono Tahun Pelajaran 2012/2013. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Magfiroh, Qori. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Konseptual Interaktif (Interactive Conceptual Instruction) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer Vol. 1 No. 1. Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia di http://journal.fpmipa.upi.edu. (diakses pada 10 Januari 2015).

NCES. 2011. TIMSS 2011 Result. [Online]. Tersedia: https://nces.ed.gov. (diakses pada 10 Januari 2015)

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada.

Septiawan, Rico. 2014. Efektivitas Pembelajaran Tipe GI Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. (Skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.