EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA
Abstract
This research aimed to know the effectiveness of problem based learning model in terms of students mathematical problem solving ability, percentage of students who reach mastery learning, and mathematical disposition. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 23 Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 that was distributed into 9 classes. The sample of this research was determined by purposive sampling technique. This research used one group pretest posttest design. The result of data analysis showed that problem based learning model was effective in terms of students mathematical problem solving ability, but it wasnt effective in terms of percentage of students who reached mastery learning and students mathematical disposition.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, persentase siswa tuntas belajar, dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, tetapi tidak efektif ditinjau dari persentase siswa tuntas belajar dan disposisi matematis siswa.
Kata kunci: disposisi matematis, pemecahan masalah, problem based learning
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, Endang Listyani, dan Himmawati. 2013. Efektivitas Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta Pendidikan Matematika-S1 VI Volume II. [Online]. Tersedia: http://journal.student.uny.ac.id. (27 April 2015).
Gunantara, Gd., Md. Suarjana, Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). [Online]. Tersedia: http://ejournal.undiksha.ac.id. (27 April 2015).
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hung, Woei, David H. Jonassen, dan Rude Liu. 2008. Problem Based Learning. [Online]. Tersedia: http://www.msu.ac. (7 November 2014).
Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Exacta, Vol. 10, No. 2, Halaman 136-139. [Online]. Tersedia: http://ebookbrowsee.net. (27 April 2015).
Mullis, Ina V.S., M.O. Martin, P. Foy, dan Arora. 2012. TIMSS 2011 International Results In Mathematics. [Online]. Tersedia: http://timssandpirls.bc.edu. (7 November 2014).
Nurdalilah, Edi Syahputra, dan Dian Armanto. 2010. Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 Nomor 2, Halaman 109-119. [Online]. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id. (7 November 2014).
OECD. 2013. PISA 2012 Result In Focus. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org. (7 November 2014).
Sugilar, Hamdan. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No 2, September 2013. [Online]. Tersedia: http://e-journal.stkip siliwangi.ac.id. (13 Desember 2014).
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: UPI. [Online]. Tersedia: http://www.pustaka.ut.ac.id. (7 November 2014).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.