DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES KONTEKSTUAL
Abstract
Penelitian kualitatif naturalistik ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Kontekstual pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Bandarlampung. Melalui teknik purposive sampling terpilihlah sebelas siswa yang dideskripsikan disposisi berpikir kritisnya. Data penelitian diperoleh dari observasi, teknik skala disposisi berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Sebelum menganalisis data, peneliti melakukan triangulasi data melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian ini adalah disposisi berpikir kritis matematis siswa hanya muncul pada beberapa siswa. sebagian besar siswa lainnya memunculkan disposisi yang muncul bukan merupakan disposisi berpikir kritis.
Kata kunci: berpikir kritis matematis, disposisi, Socrates KontekstualFull Text:
PDFReferences
Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. [Online]. Tersedia: http://id.scribd.com. Desember 2014.
Dina. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa SMA. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu. Maret 2015.
Gunawan, Adi W. 2003. Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hanifah, Tasyami Fitria. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Model Elictina Activies (MEAS) Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia: http://repository. upi.edu. Januari 2015.
Indriati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Stad dengan Soal-Soal Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5. Nomor 2. Palembang: UNSRI. [Online]. Tersedia: http://ejournal.unsri.ac.id. Maret 2015.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, Volume 28, Nomor 2, Maret 2009. Kendari: Unhalu. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. Januari 2015
Maulana. 2013. Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. Tersedia: http://file.upi.edu. Desember 2014.
Nasution. 2002. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nurjannah, Alfiyah dan Suprapto, Nadi. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Socrates Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol. 03 No. 02 Tahun 2014, 20-26. ISSN: 2302-4496. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. [Online]. https://www.scribd.com. November 2014.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahang. 2014. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Sma Negeri 2 Kendari Melalui Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet Simulation (Penelitian Tindakan Kelas) 2014. [Online]. Tersedia: http://myfortuner.files.wordpress.com. November 2014.
The Critical Thinking Community. 2013. The Role of Questions in Teaching, Thinking and Learning. [Online]. Tersedia: https://www.criticalthinking.org. Januari 2015.
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.