PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN STAD
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the differences of students mathematical conceptual understanding in cooperative learning model of NHT dan STAD. The population of this research was all of 7thgrade students of SMPN 10 Bandarlampung in academic year of 2014/2015. The samples of this research were students of VII-D class as NHT class and VII-E class as STAD class which were chosen by purpossive random sampling technique. Based on this research, it can be concluded that students mathematical conceptual understanding in cooperative learning model of NHT was higher than cooperative learning model of STAD.
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D sebagai kelas NHT dan kelas VII-E sebagai kelas STAD yang dipilih dengan teknik purpossive random sampling. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Kata kunci: NHT, pemahaman konsep, STAD
Full Text:
PDFReferences
NCES. 2011. Mathematics and Science Achievement of Eighth-Grade Students in an International Context. [Online]. Diakses di https://nces.ed.gov. pada 4 Desember 2014.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.
Nurhalimah, Titi. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan NHT pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Himpunan. Tesis. [Online]. Diakses di http://eprints.ums.ac.id. pada 1 April 2015.
OECD. 2012. Evaluating School Systems to Improve Education. [Online]. Diakses di http://www.oecd.org. pada 3 Desember 2014.
Suyanto dan Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.
Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.