DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE SOCRATES DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Abstract
This naturalistic qualitative research aimed to discribe students mathematical critical thinking disposition in Socrates Method and Contextual Approach learning. The subject of this research were students of VII-D class of SMPN 22 Bandarlampung in academic year of 2014/2015 that was determined by purposive sampling. The data of this research was qualitative data about students mathematical critical thinking disposition which were gotten by observation recording, questionnaire, interview, and documentation. The data analysis was done in four stages, which were coding, reducting, displaying, and verifying data. Based on this research, it can be concluded that Socrates Method and Contextual Approach learning can bring out the mathematical critical thinking disposition of students who have self confidence.
Penelitian kualitatif naturalistik ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2014/2015 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam empat tahap, yaitu memberi kode, mereduksi, menyajikan, dan memverifikasi data. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan Metode Socrates dan Pendekatan Kontekstual dapat memunculkan disposisi berpikir kritis matematis pada siswa yang mempunyai rasa percaya diri.
Kata kunci: disposisi berpikir kritis, Metode Socrates, Pendekatan Kontekstual
Full Text:
PDFReferences
American Psychiatric Association. 2000. Depresi Psikologi. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org. Maret 2015.
Anhar. 2015. Keterampilan Bertanya. [Online]. Tersedia: http://www.academia.edu. Maret 2015.
Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. [Online]. Tersedia: http://id.scribd.com. Maret 2015.
Fisher, Craig. 2010. Discussion, Participation and Feedback in Online Course 2010 ISECON Proceedings Volume 27 Nomor 1382. USA: Nashville Tennessee. [Online]. Tersedia: http://proc.isecon.org. Maret 2015.
Haviz, Muhammad. 2009. Berpikir dalam Pendidikan. Batusangkar: STAIN Batusangkar. [Online]. Tersedia: http://ojs.stainbatusangkar.ac.id. Maret 2015.
Hudoyo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan Volume 28 Nomor 2. Palembang: Unsri. [Online]. Tersedia: http://forumkependidikan.unsri.ac.id. Februari 2015.
Maxwell, Max. 2009. The Socrates Method and Its Effect on Critical Thinking. [Online]. Tersedia: http://www.socratesmethod.net. Desember 2014.
Natalia. 2013. Menumbuhkan Keberanian Siswa Untuk Aktif dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://forumkependidikan.unsri.ac.id. Maret 2015.
Nurachman, Fazri. 2013. Mulai dengan Otak. [Online]. Tersedia: http://fazrinurachmanberbagi.com. Maret 2015.
Pratama, Aan Budi. 2013. Penerapan Pembelajaran Socrates dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Proses Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Warman, Dewi. 2013. Hubungan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang. [Online]. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id. Maret 2015.
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.