PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Engla Octavia Aidi, Sugeng Sutiarso, M. Coesamin

Abstract


This research aimed to know the effect of active learning strategy of peer lesson type towards mathematical conceptual understanding of students. The design which was used in this research was posttest only. The population of this research was all students of grade 7th of SMP Negeri 12 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into six classes. The samples of this research were students of VII A and VII B class which were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was active learning strategy of peer lesson type didn’t affect the students mathematical conceptual understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis  siswa.

Kata kunci: peer lesson, pemahaman konsep matematis, strategi pembelajaran  


Full Text:

PDF

References


Balitbang. 2011. Survei Internasional PISA. (Online). Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id. (12 April 2013).

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Duffin, J. M. & Simpson, A. P. 2000. A Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior. 18(4): 415-427.

Harja, Media. 2011. Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme. (Online). Tersedia: http://mediaharja.blogspot.com. (20 Desember 2012).

Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh Tim YAPPENDIS. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.