PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Andriyani Mustika, Haninda Bharata, Caswita Caswita

Abstract


This quasi-experimental research aimed to know the influence of the contextual approach towards student’s  mathematical conceptual understanding. This research used posttest only control design. This research population was all students of grade 7th of SMPN 8 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 as many as 258 students that was distributed into eleven classes. This research samples were students of VII B and VII C class who were chosen by purposive sampling technique. Based on hypothesis testing, it was gotten that there was no difference of mathematical conceptual understanding between contextual and conventional learning. Thus, it can be concluded that the contextual approach did not influence towards student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 258 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas.  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep matematis antara pembelajaran kontekstual dan konvensional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pemahaman konsep matematis, pendekatan kontekstual


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Bennu, Sudarman. 2010. Pemahaman Konsep. [Online]. Tersedia: http://sudarmanbennu.blogspot.com. (diakses pada 17 Desember 2012).

Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Reflika Aditama.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhanurawati. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Halaman 153-161. Bandar Lampung: Jurusan PMIPA FKIP Universitas Lampung.

Selfiana, Ira. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yanita, Resti. 2013. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.