PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Nurul Rohmah, Caswita Caswita, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know whether the implementation of the Realistic Mathematics Education approach could increase student’s mathematical problem solving skill. The population of this research was all students of grade 7th of SMPN 8 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into eleven classes. By purposive sampling technique, it was chosen students of VII F and VII G class as samples. The research data were obtained by the test of mathematical problem solving skill. The result of research analysis showed that the increasing of student's mathematical problem solving skill with the Realistic Mathematics Education approach was higher than conventional learning. Thus, it can be concluded that the Realistic Mathematics Education approach could increase the student's mathematical problem solving skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Dengan teknik purposive sampling, dipilih siswa kelas VII F dan VII G sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, pemecahan masalah matematis, realistic mathematics education

 

Full Text:

PDF

References


BNSP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BNSP.

Firdaus, Ahmad. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. [Online]. Tersedia: http://madfirdaus.wordpress.com. [12 Februari 2014].

Fitriana, Hanny. 2010. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id. [10 Juni 2014].

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Tulip.

Izzati, Nur. 2009. Berpikir Kreatif dan Kemempuan Pemecahan Masalah Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Mengembangkannya pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Hal. 49-60. [Online] Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. [13 Maret 2014].

Kesumawati, Nila. 2009. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id. [13 November 2013].

Muchlis, Effie Efrida. 2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, Volume X, Nomor 2, Halaman 136-139. [Online]. Tersedia: http://repository.unib.ac.id. [13 November 2013].

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, Pierre, and Arora, Alka. 2012. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2011 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.

Soejadi. 2002. Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suherman, Erman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Edumatica, Volume 2, Nomor 01, Halaman 36-44. [Online]. Tersedia: http://onlinejournal.unja.ac.id. [10 Juni 2014].

Widiyanti, Teti. 2011. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.