PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Utari Rezki, Sugeng Sutiarso, Widyastuti Widyastuti

Abstract


This quasi experimental research aimed to know the effect of cooperative learning model of TSTS type towards student’s mathematical conceptual understanding. The design of this research was the posttest only control group design. The population of this research was all students of grade 8th of SMPN 25 Bandar Lampung in academic year of 2013/2014 that was distributed into nine classes. The samples of this research were students of VIIIH and VIIII class which were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by the test of mathematical conceptual understanding. The conclusion of this research was the cooperative learning model of TSTS type affect the student’s mathematical conceptual understanding.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH dan VIIII yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: konvensional, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Darmawan, T. F. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa pada Topik Aplikasi Reaksi Reduksi Oksidasi. [Online]. Tersedia: http://ejournal.upi.ac.id. (diakses pada 15 Juni 2014).

Martin, O Michael. 2012. TIMSS 2011 International Results in Science. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Pradhana, V. G. 2013. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro UNESA 2(2). [Online]. Tersedia: http://ejournal.upi.ac.id (diakses pada 15 Agustus 2014).

Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Wardhani, Sri. 2008. Analisis S1 dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yusuf, A. T. 2012. Pengaruh Penerapan Teknik Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTs Ibadurrahman Lolo Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2012/2013. [Online]. Tersedia: http://ejournal-s1.stkip-pgri-sumbar.ac.id. (diakses pada 20 Juni 2014).

Zulirfan, Diana, dan Irianti, M. 2009. Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dan TSTS pada Siswa Kelas X Ma Dar El Hikmah Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (1), 43-47, 2009. [Online]. Tersedia: http://ejournal.unri.ac.id. (diakses pada 18 Juni 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.