Pembelajaran Case Method : Efektivitasnya dalam Kemampuan Pemecahan Masalah
Abstract
Abstract
This research aims to describe the effectiveness of case method learning in terms of problem solving abilities. This quantitative research used a counterbalanced design. The population in this study were all students of financial mathematics courses in the Undergraduate Program of Mathematics Education, FKIP, Lampung University in the 2022/2023 academic year using saturated sampling. These research instruments were problem-solving ability tests in the form of essays consisting of two sets of instruments which were equal in quality and fit the content validity and reliability. Based on the results of the inferential statistic tests: i) there are significant differences in the mathematical problem solving abilities of students who study using the case method and conventional learning in both phase I treatment and phase II treatment; and ii) the proportion of students with good problem solving skills in phase I treatment was 93% while in phase II treatment was 33%. It was concluded that the case method was more effectively implemented in phase I treatment. It is recommended that in case construction, cases not only need to be realistic/contextual but it must also meet the complexity in accordance with the capabilities and breadth of learning resources that students have.
Keywords: case method; financial mathematics; problem solving skill
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran case method ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain counterbalanced design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menempuh mata kuliah hitung keuangan Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung pada tahun akademik 2022/2023 dengan sampling jenuh. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian yang terdiri dari dua set instrumen dengan kualitas setara dan memenuhi validitas isi dan reliabel. Berdasarkan hasil uji statistik inferensial diketahui bahwa: i) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang belajar dengan case method dan pembelajaran konvensional baik pada implementasi fase I dan implementasi fase II; dan ii) proporsi mahasiswa dengan kemampuan pemecahan masalah yang baik pada implementasi fase I sebesar 93% sedangkan pada implementasi fase II sebesar 33% sehingga disimpulkan bahwa case method lebih efektif diimplementasikan pada implementasi fase I. Disarankan bahwa dalam konstruksi case, kasus tidak hanya perlu realistik/kontekstual tetapi juga harus memenuhi kompleksitas yang sesuai dengan kapabilitas dan keluasan sumber belajar yang dimiliki mahasiswa.
Kata Kunci: case method; hitung keuangan; kemampuan pemecahan masalah
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andayani, E., Mustikowati, R.I., Setiyowati, S.W., & Firdaus, R.M. 2022. Case Method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) 16 (1): 52-60.
Bistari, B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2. 25082
Bonney, K. M. (2015). Case study teaching method improves student performance. Journal of Microbiology and Biology Education, 16(1), 21–28.
Dewi, N.R., Hartoyo, I., Natalia, C.H. (2024). Integrating the case method approach in 21st century teaching: Empowering the development of effective and innovative teaching instruments. JOALL(Journal of Applied Linguistics and Literature), 9(1), 222-240. https://doi.org/10.33369/joall.v9i1.30061
Fraenkel, J and J. Wallen. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Higher Education
Günther, S. L., Fleige, J., zu Belzen, A. U., & Krüger, D. (2019). Using the Case Method to Foster Preservice Biology Teachers’ Content Knowledge and Pedagogical Content Knowledge Related to Models and Modeling. Journal of Science Teacher Education, 30(4), 321–343. https://doi.org/10.1080/ 1046560X.2018. 1560208
Hidayati, L. (2021). Case-based Method and its Implementation in English for Medical Purposes. Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET), 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31629/juliet.v2i2.3695
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Koro, Maxsel. (2023). Pembelajaran Berbasis Case Method untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa PGSD. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (1), 251-259. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3185
Lightner, S., Bober, M. J., & Willi, C. (2010). Team-Based Activities to Promote Engaged Learning. College Teaching, 55(1), 5–18. https://doi.org/10.3200/CTCH.55.1.5-18.
Puri, S. (2020). Effective learning through the case method. Innovations in Education and Teaching International, 00(00), 1–11. https://doi.org/10.1080/14703297.2020. 1811133
Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1397-1401. DOI: 10.36312/jime.v8i2.3127
Syarril, I. (2020). Memahami Filosofi Merdeka Belajar-Webinar. Tersedia: https://gtkdikmendiksus.kemdikbud.go.id/memahami-filosofi-merdeka-belajar/
Wicaksono. (2011). Efektifitas metode pembelajaran. Jakarta: Wordpress.
Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728-731. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034
Yani, Ahmad dkk. (2022). Case Method & Team Based Project Untuk Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Ketujuh Perguruan Tinggi. Bandung: UPI-Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.