Pengembangan Media Pembelajaran Missions-X for Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII

Nisa Nur Hidayati, Aprilia Nurul Chasanah, Yesi Franita

Abstract


The advancement of education in the current era is needed to improve students' understanding and level of thinking, one of which is in mathematics learning. Technological developments also encourage the emergence of learning media that can facilitate the learning process. This study aims to analyze the validity, practicality, and effectiveness of the Missions-X for Mathematics learning media to improve the critical thinking skills of grade VIII students on SPLDV material. This research is a development research with the research method used is ADDIE which consists of 5 steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results showed that the learning media Missions-X for Mathematics is valid, practical, and effective in improving the critical thinking skills of grade VIII students on SPLDV material.

 

Keywords: critical thinking; educational games; learning media

 

Abstrak

Kemajuan dunia pendidikan di era saat ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman dan tingkat berpikir siswa salah satunya dalam pembelajaran matematika. Perkembangan teknologi juga mendorong munculnya media pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran Missions-X for Mathematics untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Missions-X for Mathematics valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi SPLDV.

Kata Kunci: berpikir kritis; game edukasi; media pembelajaran

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp54-63


References


Damarjati, S. & Miatun, A. (2021). Pengembangan game edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 164-175. https://dx.doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6442

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Juliansyah, W. A., Suryani, N., & Leo, A. S. (2016). Matematika dalam multimedia flipbook: Kreatifitas guru dalam pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan minat siswa. TEKNODIKA: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(1), 51 - 59. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i1.34701

Juwanto & Zumkasri. (2017). Konsep berpikir dalam pemecahan masalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Prof. DR. Hazairin, SH. Bengkulu. Jurnal Psikodidaktika, 2(2), 50-65

Karim & Rahmalia, D. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model reciprocal teaching di SMA Negeri 1 Rantau. EDU-MATH:Jurnal Pendidikan Matematika 5(2), 180-191. http://dx.doi.org/10.20527

Kurniawan, A. B & Hidayah, R. (2021). Efektivitas permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa. JPPMS: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2). 92-97. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n2.p92-97

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, G. (2021). Pengembangan game edukasi "petualangan alja" untuk melatih conceptual understanding dan procedural fluency siswa SMP materi aljabar. Satya Widya, 17(1), 43-53. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p43-53

Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1678


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.