DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK

Wanda Restia Rosa, Tina Yunarti, Widyastuti Widyastuti

Abstract


Abstrak: Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Socrates Saintifik. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas VII-2 SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Data penelitian ini adalah data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah ternyata dapat memunculkan disposisi berpikir kritis dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates Saintifik pada materi perbandingan. Indikator disposisi berpikir kritis matematis yang dominan muncul adalah indikator analitis dan kepercayaan diri.

 

Kata kunci: disposisi berpikir kritis matematis, metode Socrates, pendekatan saintifik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.