Efektivitas Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Asri Dwita, Haninda Bharata, Sri Hastuti Noer

Abstract


This experimental research aimed to know the effectiveness of cooperative learning model of think pair share type towards students mathematical  problem solving ability. The population of this research was all students of class VII SMP Al-Kautsar Bandarlampung in academic year 2018/2019 which were distributed into nine classes. The samples of this research were students of VII D and VII E class which were taken by puposive sampling technique. The design used was pretest-posttest control group design. The data of this research were obtained by students mathematical problem solving test. The data analysis of this research used Mann-Whitney U test. This research showed that cooperative learning model of think pair share type was not effective towards students mathematical problem solving ability, however the gain of students mathematical problem solving ability in think pair share class was higher than the gain of students mathematical problem solving ability in conventional class. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model think pair share ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII D dan VII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Withney U. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, namun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, pemecahan masalah matematis, think pair share

Full Text:

PDF

References


Dewi, Ni Wayan Budi Ratna. 2016. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Pendidikan Matematika.

Fitra, Awaludin. 2016. Pembelajaran Menggunakan Metode Think Pair Share Pada Pokok Bahasan Perpangkatan Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas VII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), Jilid 19, No.1, (http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/ mantik/article/download/111/18.), diakses 27 September 2018.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, Triyana Indah. 2014. Efektivitas Model Pemelajaran Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), jilid 2, No. 1, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/download/3224/2015), diakses 25 November 2018.

Nisa, Rahmatun. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), jilid 3, No.1, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1215/907), diakses 23 November 2018.

Septiana, Ria. 2017. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), jilid 5 No.4, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/vi ew/12836/pdf_11), diakses 18 November 2018.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.

Sujana, Asep dan Maskhopipah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), jilid 2, No.1, (https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/download/353/218/), diakses 24 September 2018.

Ulfah, Djakia. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), jilid 5, No.8, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13918/pdf), diakses 18 November 2018.

Widyastuti. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Elicting Activities Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2011: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.