Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa

Mukaromah Mukaromah, Pentatito Gunowibowo, M. Coesamin

Abstract


This research aimed to determine the influence of problem based learning towards students mathematical communication ability and self confidence. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Negeri 2 Sendang Agung in academic year of 2017/2018 with total 139 students and that was distributed into four classes. The samples of this research were students of VIII-B and VIII-C class that were chosen by purposive sampling technique. The design which used was posttest only control grup design. The data of this research were obtained by mathematical communication ability test and self confidence scale. Analysis data of the research used Mann Whitney U test. Based on the result of the research and the data analysis, it can be concluded that there is an influence of problem based learning to mathematical communication ability and students self confidence.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sendang Agung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 139 siswa dan terdistribusi ke dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control grup design. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self confidence. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa.

Kata kunci: komunikasi matematis, problem based learning, self confidence


Full Text:

PDF

References


Arismawati, Umi. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sanden, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika. (On-line), Vol.6, No.9, Tahun 2017, (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/view/10542/10079), diakses 23 Februari 2018.

F. Theo, Yovita. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (Online), Vol.2, No.10, Tahun 2013, (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3563/3572), diakses 23 Februari 2018.

Izzati, Nur. 2010. Komunikasi Matematis dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY 27 November 2010. FMIPA UNY. (Online), (http://bundaiza.files.Wordpress.com/), diakses 21 Mei 2017.

Marsa, K.A. Bernando Satria. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol.2, No.6, September 2014, (http://download.portalgaruda.org//article=287862&val=7232&title=PENERAPAN%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20MASALAH%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20PENALARAN%20MATEMATIS%20DAN%20SELF%20 CONFIDENCE), diakses 11 Oktober 2017.

Mullis, Ina V.S., Martin, Michael O., Foy, Pierre., Hooper, Martin. 2016. TIMSS 2015 International Result in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). 2016. Program for International Student Asssess-ment (PISA) Result from PISA 2015. (Online), (https://oecd. org/pisa/Pisa-2015-Indonesia. pdf), diakses 7 Mei 2017.

Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Permendikbud.

Sari, Lela K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Ter-hadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol.4, No.2, April 2016, (http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewjournal&journal=7232&issue=%20Vol%204%20N%202%20(2016):%20JURNAL%20PENDIDIKAN%20MATEMATIK%20UNIVERSITAS%20LAMPUNG), diakses 15 Oktober 2018.

Selcuk, Gamze Sezgin. 2010. The Effects of Problem Based Learning on Preservice Teachers Achievement, Approaches and Attitudes Towards Learning Physics. International Journal of the Physical Sciences. (Online), Vol.5, No.6, Hlm. 711-723, (http://boltz. ccne.ufsm.br/pub/mpeac/other/selcuk_ijps_vol5_2010.pdf), diakses 15 Maret 2018.

Sholihah, Dyahsih A. 2015. Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. (Online), Vol.2, No.2, November 2015, (175-185), (http://journal.uny.ac.id/ index.php/jrpm/article/view/7332), diakses 29 Nov 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.