Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Ethnomathematics Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning berbasis ethnomathematics ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah kelas VII-B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbasis ethnomathematics tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Efektivitas, Ethnomathematics.
Full Text:
PDFReferences
Fitriatien, Sri R. 2017. Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://www.researchgate.net/profile/Sri_Fitriatien/publication/317318097_Pembelajaran_Berbasis_Etnomatematika/links/5931a4b2a6fdcc89e7a37493/Pembelajaran-Berbasis-Etnomatematika.pdf), diakses 13 November 2017
Fristadi, R dan Bharata, H . 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf), diakses 13 November 2017.
Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemdikbud.
OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. (Online), (http:// oecd.org/publications/pisa-2015-results-volume-i-978926426649.en.htm), diakses 8 November 2017.
Rachmawati, Inda. 2013. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Unesa tahun 2013. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/402/30/article.pdf), diakses 12 November 2017.
Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. Volume 6 No. 2. Hal 83-98. (Online), (http://uilis.unsyiah.ac.id/serial/index.php?p=show_detail&id19042), diakses 8 November 2017.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.
Widyastuti, Ellyza S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/21658/1/04%20Ellyza%20Sri%20Widyastuti.pdf), diakses 9 November 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.