Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Ethnomathematics Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Dita Agustya, Sugeng Sutiarso, Arnelis Djalil

Abstract


This research aimed to know the effectiveness of discovery learning model based on ethnomathematics in terms of studentscritical thinking skill. The population of this research was students of grade VII in SMP Negeri3 Sukoharjoin academic year of 2017/2018. Thesamplesof thisresearch was students of VII-B classes which were chosen by purposive sampling technique. The design of this research is one group pretest-posttest. Research data were obtained through critical thinking skill. Analysis data of this research used t paired-test. Based on the result of the research and analysis data concluded that discovery learning modelbased on ethnomathematics was not effective in terms of students' critical thinking skill.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning berbasis ethnomathematics ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah kelas VII-B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbasis ethnomathematics tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Efektivitas, Ethnomathematics.


Full Text:

PDF

References


Fitriatien, Sri R. 2017. Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://www.researchgate.net/profile/Sri_Fitriatien/publication/317318097_Pembelajaran_Berbasis_Etnomatematika/links/5931a4b2a6fdcc89e7a37493/Pembelajaran-Berbasis-Etnomatematika.pdf), diakses 13 November 2017

Fristadi, R dan Bharata, H . 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf), diakses 13 November 2017.

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemdikbud.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus What 15-year-olds know and what they can do with what they know. (Online), (http:// oecd.org/publications/pisa-2015-results-volume-i-978926426649.en.htm), diakses 8 November 2017.

Rachmawati, Inda. 2013. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Unesa tahun 2013. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/402/30/article.pdf), diakses 12 November 2017.

Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan. Volume 6 No. 2. Hal 83-98. (Online), (http://uilis.unsyiah.ac.id/serial/index.php?p=show_detail&id19042), diakses 8 November 2017.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.

Widyastuti, Ellyza S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/21658/1/04%20Ellyza%20Sri%20Widyastuti.pdf), diakses 9 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.