Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Ethnomathematic Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Resa Yulia Puspita, M. Coesamin, Sugeng Sutiarso

Abstract


This research is a quasi-experimental research that aimed to find out the effectiveness of ethnomathematic-based discovery learning of students mathematical communication skill. The design which was used was posttest only control group design. The population of this research was all students of grade 8SMP Muhamadiyah 3 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 has 177 students. The sample of this research were students of VIII-B class has 29 students that were determined by purposive sampling. The data research was yield by test (posttest) about the ability of mathematical communication. The statistical test used was t-test. Based on the results of research and discussion, it was concluded that ethnomathematic-based discovery learning was not effective to students mathematical communication skill, but the average of mathematical communication skill better than conventional learning.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery berbasis ethnomathematic terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 177 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B berjumlah 29 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes (posttest) mengenai kemampuan komunikasi matematis. Uji statistik yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery berbasis ethnomathematic tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, tetapi rata-rata kemampuan komunikasi matematisnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: discovery learning, efektivitas, ethnomathematic, kemampuan komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ahmad Anis. 2016. Peran Guru dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. (online). (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snmpm/article/viewFile/10895/7768) diakses 2 November 2017.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (online). (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf) diakses 2 November 2017.

Ekowati, Dyah Worowirastri. 2017. Ethnomathematic dalam Pembelajaran Matematika Pembelajaran Bilangan dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal dan Tari Khas Madura. (online). (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/download/4820/4954), diakses 2 November 2017.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Intisari. 2014. Pemahaman Komunikasi Matematis Siswa SMA Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. (online). (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/Prosiding-15-Januari-2014.pdf), diakses 29 Oktober 2017.

Nuzlia.(2014). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah. (online). (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11255/10676), diakses 14 Januari 2018.

OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (online). (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 5 Oktober 2017.

Ramellan, Purnama. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. (online). (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1175/867) diakses 29 Oktober 2017.

Suhaedi, Didi. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. (online). (http://eprints.uny.ac.id/7541/1/P%20%2020.pdf), diakses 29 Oktober 2017.

Zarkasyi, Wahyudin. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.